BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

SMKN 1 Kotaraja Adakan "Tour of the School" Promosikan Sekolah


Sebanyak 60 orang siswa-siswi MTs NW Pringgajurang mengikuti “Tour of the School” yang diselenggarakan SMKN 1 Kotaraja pada hari Senin, 13 Mei 2024 di lingkungan SMKN 1 Kotaraja.

Kegiatan yang diikuti oleh kelas X ini mulai dari pukul 08.30 – 12.30 dengan round down yang sudah disiapkan sebelumnya. Tour diawali dengan welcome drink dari bidang pariwisata yang terdiri dari 3 kompetensi keahlian yaitu Perhotelan, Tata Boga, dan UPW selanjutnya ke bidang Agribisnis/Agrotekhnologi yang terdiri dari ATPH, ATU, ATR, AMP, dan berakhir di APHP.  

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan SMKN 1 Kotaraja kepada calon siswa yang diharapkan nanti setelah mereka melihat semua aktifitas di sekolah pada semua kompetensi keahlian membuat mereka berminat untuk melanjutkan sekolah di SMKN 1 Kotaraja.

"Tour of the School” ini merupakan sebuah konsep tour yang dikemas dalam satu lingkungan sekolah terdiri dari berbagai kompetensi keahlian. Dalam industry pariwisata di Lombok kita sudah biasa mengenal Sasak Tour, City Tour, Half Day Tour, dll.
Kebetulan SMKN 1 Kotaraja memiliki core Pariwisata yang didalamnya ada kompetensi keahlian Perhotelan, Tata Boga, dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) yang diharapkan nantinya akan memunculkan calon-calon praktisi pariwisata untuk mendukung aktifitas kepariwisataan khususnya pariwisata desa wisata yang ada di sekitar SMKN 1 Kotaraja seperti Desa Wisata Tetebatu, Tetebatu Selatan, Kembang Kuning, dan Jeruk Manis.

“Dengan adanya Tour of the School ini diharapkan calon siswa memiliki pemahaman yang bermakna dan komprehensif tentang SMKN 1 Kotaraja beserta kompetensi keahlian yang dibuka serta tertarik untuk menjadi peserta didik di sekolah ini. Ibaratnya sekolah sebagai penjual dan calon siswa sebagai pembeli. Jadi biasanya penjual yang promo-promo ke sekolah, namun kali ini kita balik caranya dengan mengundang calon siswa ke show room (baca; jurusan-jurasan) yang ada di SMKN 1 Kotaraja," terang kepala bidang keahlian Pariwisata Ahmad Apandi.

Lebih lanjut Ahmad Apandi menjelaskan, "Disamping mereka mendengar penjelasan dari bapak ibu guru, mereka juga bisa melihat secara langsung fasilitas-fasilitas yang dimiliki tiap jurusan serta mengikuti proses pembuatan sebuah produk seperti cara making bed yang dilakukan siswa perhotelan, membuat Garnish (hiasan makanan yang unik) oleh siswa tata boga, menjadi Tour Leader oleh siswa UPW, membuat olahan susu oleh kompetensi keahlian Agribisnis ternak, budidaya tanaman buah oleh ATPH, pengenalan mesin-mesin pertanian oleh AMP, dan terakhir di pengolahan hasil pertanian (APHP) dengan membuat produk roti”.

"Kalau ditahun 2023 kami mendapatkan 128 siswa, harapan kami semoga tahun pelajaran 2024/2025 SMKN 1 Kotaraja mengalami peningkatan dari MTs NW Pringgajurang dan sekolah-sekolah lainnya yang ada di sekitar kotaraja, kecamatan Sikur, Montong gading, Terara, Masbagik, hingga Pringgasela,” pungkasnya.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.