BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Lombok Utara Rekrut Panwascam di tiga Kecamatan



Lombok Utara, - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Utara mengadakan perekrutan anggota Panwascam yang diikuti 17 peserta.

Ketua Bawaslu Lombok Utara Deni Hartawan mengatakan pola rekrutmen dilakukan hibrid.

"Kita lakukan ealuasi panwas pemilu kalau MS maka akan dilantik, kalau TMS maka akan dibuka rekrutmen terbuka," singkatnya kepada matanusantara.com, Selasa (14/5/2024).

Untuk rekrutmen saat ini ujar dia, dibuka di tiga kecamatan yaitu Bayan, Gangga dan Tanjung. Karena yang exisisting (panwas lama) ada yang TMS.

"Sekarang pada tahap penilaian,
Tes wawancara pada tanggal 20 besok setelah pengumuman. Kemudian pelantikan kemungkinan tanggal 24 untuk yang terpilih dari existing dan rekrut terbuka," katanya.

Sebelumnya Bawaslu Lombok Utara melakukan evaluasi terhadap 15 anggota Panwascam. Evaluasi 15 Panwascam itu dilakukan mengingat masa jabatan mereka dinyatakan berakhir.

Deni Hartawan mengungkapkan mekanisme Evaluasi disesuaikan Surat Keputusan (SK)Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor : 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Tahun 2024.

“Penilaian hasil evaluasi kami sesuaikan dengan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor : 193/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Evaluasi Kinerja Panwaslu Existing,” jelasnya

Deni menyatakan Pengawas Eksisting melewati dua tahap penilaian yaitu Portofolio dan Tes kemampuan kinerja. Dari lokasi pelaksanaan evaluasi, Panwascam eksisting mengerjakan soal dengan perangkat Komputer.

Pokja menerima tanggapan dan masukan masyarakat terhadap anggota Panwaslu Existing yang mengikuti seleksi tersebut. Tanggapan dan masukan masyarakat dapat disampaikan langsung ke Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lombok Utara.

Selain Evaluasi Eksisting pihaknya juga nantinya akan membuka pendaftar umum alias peserta yang tidak termasuk atau bukan anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilu 2024.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News