BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Sinyal Perjodohan "Lagi Umroh", Ini Saran Pengamat!


Sepak terjang para tokoh NTB yang digadang-gadang bakal turun gunung di Pilgub NTB 2024 pasca lebaran semakin masif. Sebut saja Pj Gubenur NTB Lalu Gita Ariadi alias Miq Gite yang selalu datangi para petinggi partai dan ormas untuk sekedar bersilaturrahmi atau rindu akan pemimpinnya.

Apalagi santer disebut bahwa Miq Gite saat ini menjadi magnet kepemimpinan NTB kedepannya. Tak salah beberapa tokoh bahkan warga ingin agar ia melanjutkan kepemimpinan NTB menuju NTB yang lebih baik. Apalagi sempat viral paket pasangan Lagi Umroh (Lalu Gita-Ummi Rohmi) menuju pilgub 2024. Bahkan beberapa hari lalu kedatangan petinggi Perindo dan PD NWDI ke Pendopo Gubernur bertemu dengan Miq Gite disebut bisa memperkuat sinyal paket Lagi Umroh.

Melihat dinamika itu, Pengamat politik UIN Mataram Dr. Agus M.Si, mengatakan,"bahwa saat ini masih tahap penjajakan dan komunikasi politik siapa tau mereka bisa berjodoh."

Doktor Administrasi Publik lulusan UNDIP ini melihat Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi alias Miq Gite akhir-akhir ini memang muncul sebagai salah satu tokoh yang memiliki magnet.

“Karena jabatan sebagai Pj Gubernur yang boleh jadi dilihat oleh politisi lain memiliki amunisi politik yang cukup karena menguasai birokrasi dan tentu saja APBD,” bebernya kepada matanusantara.com, Sabtu (13/4/2024).

Namun imbuhnya, jika Merujuk pada Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 masa jabatan Pj Gubernur hanya satu tahun.

“Maka pada saat proses pemilihan Gubernur Miq Gite boleh jadi sudah tidak lagi berada pada posisi Pj Gubernur. Biasanya jika seseorang sudah tidak lagi menjabat, maka birokrasinya ada kecenderungan balik kanan mendukung kandidat yang memiliki elektabilitas lebih tinggi,” ungkapnya.

Hal ini disebabkan karena birokrasi itu merupakan aktor yang paling rasional dalam berpolitik.

“Maka menurut saya kurang efektif juga mendekati Pj Gubernur jika harapannya pada mendongkrak elektoral. Yang perlu dipahami juga adalah dalam ketentuan Permendagri 4 Tahun 2023 Pj Gubernur itu dimaksudkan untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur,” terangnya.

Ia menyarankan, selama mengisi jabatan tersebut sebaiknya Pj Gubernur tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang berbau politik praktis, selain sebagai ASN juga karena Pj Gubernur berada di tengah-tengah kelompok yang berkompeten.

"Jadi sebaiknya Miq Gite bisa menahan diri dulu, nanti setelah selesai masa jabatannya sebagai Pj, baru melakukan gerakan-gerakan politik. Hal ini penting sebagai upaya melakukan pendidikan politik kepada publik," tandas pria yang memiliki Keahlian Analisis Kebijakan Publik dan Tata Kelola Pemilu itu .(merah)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.