BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Komunitas Gusdurian Lombok Barat Hijaukan TPA Kebon Kongok

Komunitas Gusdurian Lombok Barat Hijaukan TPA Kebon Kongok
Ilustrasi

LOMBOK BARAT
- Komunitas Gusdurian Lombok Barat tanam pohon atau penghijauan di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok, Lombok Barat pada Minggu 14 Januari 2024.

Komunitas Gusdurian Lombok Barat bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi NTB dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lombok Barat.
 
Gusdurian Lombok Barat berpandangan, lokasi TPA Kebon Kongok yang kini sudah ditimbun dengan tanah perlu segera ditanami berbagai jenis pohon agar tidak longsor bila datang hujan lebat. Itu juga dilakukan supaya tanahnnya semakin kokoh karena ditopang oleh akar-akar pohon tumbuh.

"Apalagi pemandangan alam dari atas sana sangat indah, khususnya di pagi hari dan sore hari. Kalau nanti pohon-pohon tersebut tumbuh lebat, sangat berpotensi menjadi spot selfi yang bagus atau tujuan wisata alam yang baru di Lombok Barat." Ujar Koordinator Gusdurian Lombok Barat, Tajudin.
 
Selain itu TPA Kebon Kongok selama ini sering mendapatkan keluhan dari masyarakat yang merasa terkena bau sampah. Baik oleh masyarakat yang tinggal dilingkar TPA maupun desa-desa yang dilalui oleh kendaraan-kendaraan pengangkut sampah baik yang berasal dari kota Mataram atau Lombo Barat. Volume sampah yang masuk setiap hari bisa mencapai 30 ton. Tambah Koordinator Gusdurian Lombok Barat, Tajudin.
 
Sebagai bentuk komitmen Gusdurian terhadap lingkungan dan sebagaimana diajarkan oleh Gus Dur, Gusdurian Lombok Barat telah menyiapkan ribuan jenis pohon yang akan ditanam di TPA Kebon Kongok dan lokasi wisata Gunung Jae, Desa Sedau, Lombok Barat. Penanaman pohon ini juga dilaksanakan dalam rangka Haul ke -14 KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Presiden ke-4 Republik Indonesia.
 
Untuk meramaikan dan memeriahkan acara penanaman pohon atau penghijauan ini, akan hadir Inayah Wahid, putri ke-4 Gus Dur  yang akan mewakili Sekretariat Nasional (Seknas) Gusdurian, Pj.Gubernur NTB dan Bupati Lombok Barat.   
 
Selain di Lombok Barat, rengkaian acara Haul ke-14 Gus Dur ini juga akan berlangsung panggung budaya, zikir dan do’a di Ponpes Nurul Qur’an Mertak, Lombok Tengah, Sabtu (13/1) sore sampai malam.

"Hari Kamis (11/1) yang lalu juga diadakan diskusi dengan tema “Meneladani Etika Demokrasi Gus Dur” di kantor media TribunLombok.com jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram." Pungkas Koordinator Gusdurian Lombok Barat, Tajudin. (Red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.