BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Jum’at Salam, Guntur Macan sebagai Laboratorium Bencana


Lobar - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB menyerap aspirasi masyarakat Desa Guntur Macam Kecamatan Gunungsari Lombok Barat saat kunjungan Program Jum’at Salam (24/11/2023).

Dari kegiatan tersebut, didapati Desa Guntur Macan saat ini memiliki jalan yang belum tertangani pascagempa. Jalan tersebut adalah ruas jalan kabupaten yang rusak akibat longsor tahun 2021, di mana teridentifikasi 22 titik longsor. 

Adapun Ekonomi lokal di desa tersebut, digerakkan sebagian besar dari sektor pertanian dan perkebunan yaitu hasil alam berbentuk aren, bambu (pertukangan) budidaya madu lebah trigona, bakulan, pengolahan cco/vco melalui pengolahan minyak kelapa.  Untuk menopang ekonomi masyarakat, perlu dukungan pelatihan dan penguatan kapasitas dalam menggerakkan ekonomi.

Terkait kebencanaan, ada alat deteksi pergerakan tanah dan curah hujan tinggi melalui bantuan dari UGM. Kondisinya saat ini dalam keadaan rusak dan belum bisa diakurasi. 

Untuk mitigasi sedang ada kerja sama dengan Dinas Perkim, BPDAS (usulan) untuk mengembangkan rumput Vertiver sebagai salah satu mitigasi struktural untuk pengendalian longsor. Kawasan Desa Guntur Macan rawan longsor sehingga masyarakat dibatasi untuk mendirikan bangunan di daerah-daerah rawan longsor. 

Harapan dari Pemdes, pemenuhan kebutuhan air, pipa air dan pemanfaatan air dari dari kawasan hutan, termasuk penguatan tebing/talud.

Kepala Pelaksana BPBD NTB Ahmadi, menyarankan agar Desa Guntur Macan sebagai Laboratorium Bencana juga bisa menganggarkan dana desa untuk penanganan kebencanaan.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.