BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Ini Daftar Menu Lokal NTB pada Lomba Masak Serba Ikan Nasional 2023


Ada tiga ragam olahan makanan berbahan baku ikan yang ditandingkan dalam Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional 2023. Tim Forikan NTB menyajikan menu keluarga, menu kudapan dan menu balita. Menu-menu ini berbahan baku ikan dan rumput laut yang atraktif, lezat dan istimewa dengan mengusung kearifan bumbu dan rempah lokal yang berkualitas.

Lalu apa saja menu yang disajikan oleh NTB? Pada LMSI 2023 ini, Provinsi NTB menyajikan menu hasil kreasi dan inovasi Tim Penggerak PKK dari Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk menu keluarga adalah Tonyong Bakomong, menu balita adalah Swarna Bulaeng dan menu kudapan adalah Empak Kepo.

Tonyong Bakomong adalah makanan olahan berbahan baku ikan bandeng yang diolah sedemikian rupa dipadu dengan buah naga, akar teratai, wortel, kelor, bunga turi dan rempah-rempah khas lokal daerah. 

Sedangkan Swarna Bulaeng yang menjadi menu balita, berbahan baku ikan nila, buah nangka, kacang merah dan bit, bunga talang dan kacang hijau plus daun pandan. Swarna Bulaeng diberi toping rumput laut, cream putih, cream orange dan anggur desa serta sensasi racikan kuah gula merah dan daun mint.

Empak Kepo merupakan menu kudapan berbahan ikan Kakap Merah dengan perpaduan bahan lokal yang ada di KabupatenSumbawaBarat. Cake Hijau dari Ikan dan Kelor dikombinasi dengan warna Kuning terbuat dari Ikan dan Labu Kuning. Krim Isian cake berwarna putih yang terbuat dari kelapa muda, kelapa parut, coklat putih dan rumput laut. Disajikan dengan Souce Pink semakin menambah daya tari dan aneka rasa yang hadir pada kudapan ini. 

Bagian Bawah Cake Empak Kepo ada biskuit rumput laut dari berbagai bahan ikan kakap yang dicampur dengan tepung Akar Teratai, rumput laut yang dioven. 

Pada Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ini, NTB mengirim 2 peserta lomba yang merupakan kader-kader TP PKK dari Kabupaten Sumbawa Barat. Mereka adalah Suridawati, SPt (Anggota Pokja III TP PKK Kabupaten Sumbawa Barat) dan Is Susilaningtyas, S.Psi (Wakil Ketua Pokja III TP-PKK Kecamatan Sekongkang).(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News