BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

FROM THE DUST BACK TO HE DUST


JALAN TENGAH ABAD (33)


".....Salam kepada kalian wahai para penghuni rumah keabadian dari golongan prang beriman. Semoga Allah SWT memberikan apa yang telah dijanjikan. Kami Insya Allah akan menyusul pada waktu yg telah ditentukan. Ya Allah, ampunilah para penghuni Baqi al-Ghargad.....”


Demikian untaian doa yg disunnahkan utk dibaca saat memasuki gerbang makam Baqi Al Ghargad. Lokasinya berjarak sekitar 30 meter sebelah kiri dari Masjid Nabawi. Tepatnya di pelataran shalat perempuan. 


Sebagaimana Makam Mala, kawasan itu acap kali ramai dikunjungi, termasuk oleh jamaah dari pelbagai penjuru dunia pada musim haji. Komplek pemakaman Baqi ini terdiri dari dua bagian. Yaitu Baqi lama dan Baqi Ghargad. Namun sejumlah ulama berpendapat bahwa Baqi Ghargad juga merupakan Baqi Lama karena tempat jenazah para keluarga (Ahl al-Bait) Nabi SAW dikebumikan. Ghargad merupakan bagian Baqi yang ada sekarang, yang terus mengalami perluasan hingga mencapai 138 ribu meter persegi. Lokasi pemakaman ini dikelilingi tembok sepanjang 1.724 meter dengan ketinggian sekitar 4 meter. Terdapat kantor pelayanan jenazah, ruang kesehatan sementara dan juga ruang khusus utk anak_anak yg terpisahkan dari orangtua. 


Di kompleks Makam Baqi ini, terdapat makam sekitar 10 ribu sahabat Nabi Muhammad SAW. Di antaranya Utsman bin Affan (khalifah ketiga), Abbas bin Abdul Muththalib (paman Nabi SAW), Halimah as-Sa’diyah (ibu susuan Nabi SAW, serta Hasan bin Ali (cucu Nabi SAW).


Selain itu, ada pula makam istri-istri Rasulullah SAW, seperti Aisyiah binti Abu Bakar, Ummu Salamah, Juariah, Jainab, Shafiyah, Hafshah binti Umar, serta Mariyah Qibtiyah. Demikian pula makam sejumlah anak Rasul SAW, yakni Fathimah az-Zahra, Ibrahim bin Muhammad SAW, Qasim Abdullah, Ruqayyah, Zainab, dan Umm Kultsum.


Sebelum datangnya hijrah Rasulullah SAW, penduduk Madinah sudah memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat memakamkan jenazah warga setempat. Hingga masa Nabi SAW, fungsi kawasan tersebut dilanjutkan sebagaimana adanya. Bahkan, sampai sekarang, lokasi tersebut masih berfungsi sebagai perkuburan. Sesuai aturan pemerintah Arab Saudi, jamaah umrah dan haji yang meninggal dunia di Madinah dapat dikuburkan di sana.


Karena selalu diziarahi jamaah haji maupun umrah, makam ini menjadi sangat terawat. Waktu buka untuk umum dari habis subuh sampai jam 10.00 WAS. Meski demikian, hanya kaum pria saja yang diizinkan masuk komplek pemakaman. Sedangkan wanita dapat berziarah dan berdoa dari luar pagar.


Salahsatu keistimewaan makam Baqi ini adalah riwayat yg menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah berdoa dan bermunajat agar semua yang dimakamkan di kompleks tersebut diampuni segala dosanya oleh Allah SWT. Selain itu Baqi pun berada cukup dekat dengan Masjid Nabawi yang berarti jaraknya tidak jauh dari lokasi makam Rasulullah SAW dan Umar bin Khattab di Raudhah. Sehingga memungkinkan jamaah menziarahi seluruh makam dalam satu waktu.


Secara kontur, lokasi Baqi dijadikan areal pemakaman karena hanya d tempat tersebut terdapat rerata lempung dengan sedikit batu. Sehingga bongkar urugnya menjadi lebih mudah. 


Sebagaimana asal manusia yg bermula dari tanah dan pada waktunya akan kembali kedalam tanah. Maka kecendrungan sifat manusia bisa jadi sesuai jenis tanah awalnya. Ada yg terambil dari tanah suci, maka cenderung alim dan baik hati, sebagaimana mereka yg suka bertengkar, mungkin dari tanah sengketa. Seperti labilnya tanah urug maupun alotnya sifat orang yg mungkin terbuat dari tanah liat. 

Wallahu A'lam bisshawaab 


#kemenag_ri #HajiIndonesia #Hajiramahlansia #UmrahIndonesia #PPIHArabsaudi #JamaahHajiIndonesia #TravelHaji #TravelUmrah #Haji2023 #HajiMabrur

#TabunganHaji #HajiPlus #PaketHaji #petugashaji #ppiharabsaudi #ppih2023 #pkp3jhsiapmelayani #indonesianhajj

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.