BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Grebeg Sudiro di Solo


Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menghadiri Kirab Grebeg Sudiro 2023, Minggu (15/1/2023). Acara juga dihadiri oleh Wakil Walikota Teguh Prakosa dan Mantan Walikota FX Hadi Rudyatmo serta Jajaran Forkompimda Surakarta. Gelaran Grebeg Sudiro kembali digelar tahun 2023 ini setelah sebelumnya vakum selama pandemi 2 tahun ini. Gibran membuka secara resmi dengan menabuh tambur sebagai simbol dimulainya kirab Grebeg Sudiro 2023 ditemani Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Atraksi barongsai dari sisi kanan dan kiri panggung di depan Pasar Gede Solo mengawali rangkaian acara kirab karnaval budaya Grebeg Sudiro 2023.

“Grebeg Sudiro merupakan ritual budaya untuk menjunjung nasionalisme, pluralisme, kebhinekaan dan interversi sosial khususnya di Surakarta. Menyinergikan budaya jawa dan Tionghoa serta mendukung program-program Solo sebagai Kota Budaya dan Pariwisata,” ucap ketua panitia, Arga Dwi Setyawan.

Grebeg Sudiro mengangkat tema merajut harmoni dalam kebhinekaan dan rangkaian acara sudah dimulai sejak Selasa (10/1). Kirab budaya Grebeg Sudiro Solo 2023 dimeriahkan 56 kelompok kesenian. Sebanyak 2.000 orang menjadi peserta kirab budaya. 

Pada kesemptan tersebut, Gibran memberikan angpao kepada pemain Barongsai dan Liong dari Macan Putih Sudiroprajan dan Polresta Solo. Gibran kemudian turun dari panggung lalu mendatangi para pengunjung Kirab Grebeg Sudiro 2023 untuk membagikan sejumlah buku kepada anak-anak yang ada di barisan pengunjung.

"Terima kasih mas Gibran," ucap salah seorang anak setelah mendapatkan buku.(rls)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.