BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

NWDI Harus Produktif, Hilangkan Perbedaan Tonjolkan Persamaan



Tanggal 15 Jumadil Akhir 1443 H/ 22 Agustus 2022, Madrasah NWDI telah genap berkhidmat 87 tahun sejak didirikan oleh Pahlawan Nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 15 Jumadil Akhir 1356 H/ 1937 M di Pancor.

MUKTAMAR ke-1 Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) akan diselenggarakan Sabtu-Senin, 29-31 Januari 2022 bertepatan dengan 26-28 Jumadil Akhir 1443 H di YPH Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor, dengan mengangkat tema: khidmat kepada ummat, bangun Indonesia maju. Demikian kata Najmul Ahyar selaku Ketua II PB NWDI kepada media di Mataram, Rabu (26/1/2022).

Ditambahkan Mantan Bupati Lombok Utara ini, sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga NWDI, Muktamar sebagai forum tertinggi dalam organisasi NWDI ini bertujuan untuk membahas dan menetapkan : 1) masalah-masalah keagamaan (Al Bayanat Addiniyah), 2) perubahan Angggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga; 3) garis besar program NWDI Lima tahun kedepan, 4) menyusun rekomendasi terkait pergerakan dan kontribusi NWDI
untuk kemaslahatan bangsa, serta 5) pemilihan Rais ‘Am dan Ketua Umum Pengurus Besar NWDI.

Ditekankannya NWDI harus menjadi organisasi produktif, tak lagi membicarakan perbedaan karena membicarakan persamaan lebih penting.

Ia menyebutkan siapa saja dipersilahkan daftar untuk menjadi Ketum, terbuka asal punya kompetensi memimpin NWDI.

"Tidak harus zuryat," katanya meniru TGB dalam setiap arahannya dihadapan jamaah.

Disinggung tentang Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang juga merupakan kader NWDI memungkinkan juga menjadi Ketua selain Wagub Sitti Rohmi Djalilah.

"Ini hak peserta muktamar, ruangnya sangat terbuka," jelasnya.

Sementara itu Ketua OC Irzani menyebutkan ada 578 pemegang suara, terdiri dari Pengurus Wilayah, Daerah, Cabang, Perwakilan Khusus dan Badan Otonom. One man one vote namun tetap mengedepankan musyawarah mufakat.

"Para nahdliyyin & nahdliyyat yang akan menyemarakkan muktamar secara online dan offline terdiri dari 700 orang melalui offlini terdiri dari perwakilan 2 orang dari 27 Provinsi definitif setelah keluar nya SK kemenkumham tentang perkumpulan NWDI. Dan sisanya melalui online," tukas dia.

Diharapkan pada Muktamar perdana NWDI akan menghasilkan pedoman yang menjadi acuan jamaah dalam kehidupan bermasyarakat.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.