BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Wagub NTB: Literasi Kunci Pengembangan SDM

Bertempat Perpustakaan Nasional RI, Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalilah memimpin rombongan yang terdiri dari Bupati Lombok Barat, Wakil Bupati Sumbawa, Kadis Perpustkaan dan Kearsipan NTB, Asisten III Lombok Barat dan Kadis Perpustakaan Kearsipan Lombok Barat, audiensi dengan Kepala Perpustakaan Nasional dan para deputi.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, mengatakan literasi bukan hanya soal baca tulia tapi lebih dari itu. Perlu keberpihakan di sisi hulu yakni perpustakaan. Dimana ujar Kepala Perpusnas ini, rasio buku dg jumlah penduduk Indonesia 0,09, dimana 1 buah buku direbut oleh 90 orang pembaca. Belum lagi sarana prasarana perpustakaan. 

Sisi lain, Perpusnas menyambut baik kedatangan Wakil Gubernur dan para Bupati/Wakil Bupati. Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalilah, pada kesempatan yang sama mengatakan, bahwa literasi merupakan kunci pengembangan SDM. Kami NTB memiliki keindahan, ibarat serpihan surga, kedepan akan banyak event2 pariwisata yang harus ditu jang dg fasilitas sarana lainnya.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB. Menurut Julmansyah, S. Hut., MAP Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Prov NTB, ini merupakan bentuk dan upaya ditengah terbatasnya anggaran. Pihak Kab/kota di NTB menyampaikan usulan kegiatan DAK 2022 maupun Dana Dekosentrasi, termasuk pengembangan transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Diakhir acara, sebagai bentuk apresiasi pada NTB, pihak Perpusnas menyerahkan mobil perpustakaan keliling yang diterima Wakil Gubernur NTB.(r)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.