BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

"Berpikir & Bekerja ala Bang Zul", Memuliakan Pemimpin Bisa Memajukan Daerah


Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., menghadiri peluncuran buku "Seni Berpikir dan Bekerja ala Bang Zul: Mendayung Menenangkan Badai" karya Kepala Dinas Sosial NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M.H. di Mataram (29/6/2021).

Pada acara yang juga dihadiri oleh Sekertaris Daerah NTB, H. L. Gita Ariadi, dan pejabat daerah lainnya, Bang Zul berharap buku tersebut dapat bermanfaat bagi banyak orang dalam mempelajari kebijakan-kebijakannya. Demi memajukan Provinsi NTB menjadi daerah yang semakin baik lagi dari waktu ke waktu. 

"Mendapatkan pujian ketika seseorang memiliki jabatan merupakan hal yang lumrah. Yang menjadi tantangan adalah apakah pujian tersebut dapat bertahan meski orang tersebut sudah tidak menjabat lagi. Dalam artian, orang tersebut mampu meninggalkan rekam jejak yang membanggakan selama masa kerjanya," katanya.

Begitu juga dengan kritik ujarnya, sebagai kepala daerah, kritik menjadi hal yang biasa yang harus selalu diterima. Demi memacu untuk terus bekerja dengan lebih baik dari waktu ke waktu. 

"Puja puji ketika orang ada jabatan itu biasa. Setelah puja-puji akan ada kritik dan keduanya harus diterima sama baiknya," imbuh Bang Zul.

Kepala Dinas Sosial NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M.H. selaku penulis buku ia menjelaskan, pada era media sosial seperti sekarang, anak muda cenderung sering menertawakan ketidakbisaan pemimpinnya. Padahal, dengan mentaati dan memuliakan pemimpin dapat menjadi salah satu jalan untuk memajukan suatu daerah. Mengkritik bisa dengan cara lain yang lebih produktif.

Hal tersebut menjadi salah satu yang memotivasi Ahsanul menulis buku tersebut. Selama menjabat di Pemerintah Provinsi ia merangkum kebijakan-kebijakan Gubernur Zul dalam sebuah buku.

"Buku ini bukan buah pohon politik tapi buah keilmuan untuk kepentingan bersama di masa yang akan datang," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram Prof. Dr. Suprapto, M.Ag, dalam Kata pengantarnya menyampaikan bahwa kegiatan launching buku ini memiliki makna keilmuan yang tinggi untuk menceritakan secara ilmiah tentang banyak hal dalam melihat Bang zul sebagai nahkoda NTB yang penuh inovasi dalam membangun daerah.

Acara peluncuran buku tersebut dikemas dalam kerjasama dengan Pascasarjana Univeristas Islam Negeri Mataram dengan kegiatan bertajuk Post-graduate Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram.(r)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.