BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Satu Tahun HMI, Polisi & Masyarakat Makin Mesra

Mataram, - Kapolda NTB Irjen Pol Haji Muhammad Iqbal (HMI) yang baru saja memasuki satu tahun pengabdian di Provinsi Bumi Gora ini terus mendapatkan apresiasi dan pujian dari semua pihak. Hal ini karena kinerjanya yang dianggap lebih mengutamakan pendekatan humanis, terutama dengan terus turun ke tengah masyarakat guna mengetahui keluhan dan menerima aspirasi untuk kemajuan kepolisian serta keamanan daerah. Tak jarang saat turun, HMI memberikan bantuan untuk memotivasi masyarakat dalam membantu Kepolisian untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban.

Tokoh kepemudaan NTB yang malang melintang di Ibukota Karman BM, misalnya memberi catatan khusus tentang prestasi tersebut.

Direktur Al Mentra Institute itu mengatakan dalam menjalankan tugas, HMI tidak sendiri. Ia selalu berkolaborasi bersama elemen masyarakat, instansi pemerintah dan TNI. Bahkan, kelompok aktivis kepemudaan serta mahasiswa turut dirangkul.

"Ia menganggap para tokoh di luar kepolisian sebagai tim, tim dalam menjaga Kamtibmas," ujar Aktivis asal Pagutan itu, Minggu (30/5/2021).

Dijelaskan, dalam membangun tim yang solid itu ia sering mengunjungi rumah para tokoh, hingga berkomunikasi menggunakan perangkat digital seperti instagram, dan video call.

Sinergi dan kolaborasi itu terlihat dari semua program yang dilakukan. Seperti lomba kampung sehat dan kampanye sehat.

Dua program itu melibatkan semua komponen dalam menghadapi pandemi covid-19 dan mengawal penyelenggaran pilkada yang aman damai.

"Artinya, ia mengambil tanggung jawab untuk menjaga hak masyarakat tetap sehat, ekonominya hidup dan hak-hak politik warga terpenuhi. Terbukti pengendalian kasus covid-19 berhasil, aktivitas ekonomi bergairah, dan pilkada aman damai tanpa ada konflik horizontal," ungkap Karman.

Selain itu, dalam waktu kurang lebih lima bulan Kapolda berhasil mengamankan proyek strategis Mandalika tanpa ada yang cidera, dengan cara membentuk tim percepatan penyelesaian Mandalika yang terdiri dari berbagai unsur lembaga negara vertikal yang ada di NTB, diantaranya adalah BPN, kejaksaan, pengadilan dan pemda.

"Kerja tim ini memadukan legitimasi publik dan kepastian hukum. Dan dalam proses pembebasan lahan mandalika berjalan lancar, tidak ada korban. Ia berhasil mengajak semua pihak untuk mengutamakan  kepentingan NTB. NTB First di atas kepentingan yang lain," ujarnya.

Soal Kamtibmas, Kapolda NTB juga berprestasi dalam menurunkan angka kriminal. Padahal, di tengah pandemi covid-19 yang berdampak pada sektor ekonomi masyarakat, memiliki potensi kriminal tinggi. Namun, justru di tangan Kapolda NTB saat ini, angka kriminal turun.

"Kapolda Irjen Pol. Moh. Iqbal juga dapat meningkatkan upaya preventif dan pre emptive. Melakukan deteksi dini dalam upaya pencegahan. Sehingga kriminalitas di NTB selama setahun turun drastis," imbuhnya.

"Tentu banyak hal lain yang pantas diapresiasi dari Pak Irjen Iqbal yang tak cukup saya sampaikan. Semua itu membuat masyarakat NTB merasa beruntung memiliki Kapolda seperti dia," katanya.

Ia berharap Kapolda NTB menjadi sosok yang dicintai masyarakat NTB dan Indonesia, serta terus meningkatkan prestasi.

"Saya berharap, pak Iqbal tetap menjadi sosok yang disenangi dan dicintai masyarakat NTB dan Indonesia dengan tetap menjaga serta meningkatkan prestasi itu" tutup karman.(r)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.