F SMPN 1 Sekotong Gelar Program Ramadhan di Tengah Pandemi - Mata Nusantara -->

SMPN 1 Sekotong Gelar Program Ramadhan di Tengah Pandemi

Lombok Barat - Dalam rangka menyiasati pandemi Covid 19, SMPN 1 Sekotong Kecamatan Sekotong menyelenggarakan program pesantren Ramadhan 1442 H online melalui pembelajaran School From Home (SFH).

Dalam program pesantren Ramadhan online ini, siswa SMPN 2 Sekotong  melaksanakan pembiasaan praktik ibadah setiap pagi. Kegiatan itu dimulai dengan  shalat Dhuha, muroja’ah  dan mengaji Tilawah. “Kegiatan tersebut setiap hari dipantau oleh guru, bekerja sama dengan orang tua siswa,” kata Nahar. S.Pd Kepala SMPN 1 Sekotong Kamis, (22/4/2021).

Ada pula kegiatan pesantren Ramadan online ini di adakan tiga kali dalam seminggu setiap hari Senin, Rabu, dan Kamis bersama ibu guru dan anak-anak melalui gonggle meet, yaitu tadarus online , dan tausiah Ramadan dari bapak, ibu guru dan penceramah lainnya.

"Setelah shalat zuhur kita langsung mengadakan Musakkarah Ramadan, dan do'a," katanya.

Dikatakannya, partisipasi siswa mengikuti kegiatan ini sekitar lima puluh persen dari total siswa sebanyak  319 siswa. Siswa yang tidak mengikuti kegiatan ini sekolah membagikan link kegiatan ini agar siswa dapat belajar. Latar belakang kegiatan ini karena di masa pandemi Covid-19 agar pembinaan imtaq tetap berjalan seperti biasanya.

"Kita perlu berinovasi di tengah Covid-19 ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat H. Nasrun memberikan apresiasi program pesantren Ramadan online. Program ini dinilai sebagai langkah visioner yang mesti menjadi contoh sekolah lain.

"Meski sekolah ini berada jauh dari ibu kota, namun inovasi patut di contoh," katanya.(r)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel