F Polres Bima Gelorakan Siskamling Sukseskan Kampung Sehat 2 - Mata Nusantara -->

Polres Bima Gelorakan Siskamling Sukseskan Kampung Sehat 2

Bima, - Siskamling merupakan program kampung sehat di bidang keamanan dalam mengantisipasi tingginya angka kriminalitas  di tengah pandemi Covid-19 juga sebagai pendorong dan memotivasi kepolisian untuk terus meningkatkan pengamanan hingga lapisan bawah.

Kasat Binmas Polres Bima Polda NTB Iptu Suhermansyah, mengatakan bahwa peran Bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling untuk kepentingan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dinilai cukup penting dan mendesak, sehingga harus dioptimalkan.

"Hal itu, tak lain sebagai upaya kepolisian dalam menjadikan setiap wilayah aman dari kriminalitas. Di mana kasus kriminalitas belakangan ini trennya terus mengalami peningkatan yang singnifikan. Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak Kepolisian di masyakarat yang merupakan sahabat masyarakat yang menjadi garda terdepan Pelayanan Prima Kepolisian. Sehingga mereka juga yang paling tahu soal keamanan di masyarakat," katanya kepada media, Jumat (9/4/2021).

Dijelaskannya, di tengah percepatan penanganan Virus Corona, Bhabinkamtibmas harus mampu membangun kesadararan masyarakat akan bahaya Covid-19 dengan menciptakan Tretment Pencegahan Dini untuk mencegah penyebaran Virus Corona ini dengan upaya menciptakan masyarakat yang produktif melalui Kampung Sehat, kamtibmas akan kondusif.

Intervensi kampung sehat dibidang keamanan sendiri memiliki peran untuk mengaktifkan kembali Siskamling yang mempunyai daya cegah, daya tangkal, dan daya lawan, terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas ditengah masyarakat. ’’Upaya-upaya semacam itu yang saat ini terus kita lakukan di tengah masyarakat,’’ tegasnya.

Kapolres Bima Akbp. Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K menambahkan, di tengah pandemi Covid-19, saat ini semua harus bergandeng tangan untuk memberantas atau mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Yakni, dengan membangun sistem pengamanan yang berasal dari masyarakat atau pam swakarsa.

Selain itu juga kata dia, bukan hanya mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan, melainkan peran Bhabinkamtibmas dan pengaktifan Siskamling serta berjalannya Kampung Sehat juga mempunyai peran penting dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas terkait pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia. Sehingga semua elemen masyarakat ikut berperan aktif dalam menciptakan keamanan. Baik tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, hingga organisasi kemasyarakatan.

Diperkuat dengan penerapan Skrining, atau tamu wajib lapor 1x24 jam. ’’Kami rasa hal ini sudah mulai diterapkan di setiap lingkungan. Buktinya, hampir setiap lingkungan sekarang menerapkan sistem satu pintu (one gate system). Masyarakat luar yang masuk juga sudah tidak bisa seeanaknya, karena ada yang jaga,’’ paparnya.

Kasat Binmas Polres Bima melalui Perintah Lisan Kapolres Bima memerintahkan untuk memberdayakan seluruh jajaran Bhabinkamtibmas untuk membina dan membangun kesadaran masyarakat,agar aktif berpartisipasi dalam harkamtibmas selama masa pandemi Covid-19; mengaktifkan dan memberdayakan kembali siskamling yang dilaksanakan secara swakarsa; memerintahkan bhabinkamtibmas untuk menjadi penghubung dalam membangun komunikasi antar kelompok pam swakarsa yang terintegrasi dengan Polri; dan memerintahkan bhabinkamtibmas agar bersinergi dengan perangkat desa, dokter, dan perawat serta mengajak masyarakat khususnya kabupaten bima untuk bersama-sama menggelorakan Kampung Sehat Jilid 2 NTB.

Dengan harapan Kamtibmas tetap kondusif dan masyarakat semakin produktif serta selalu memberikan Himbauan kepada pam swakarsa agar dalam melaksanakan kegiatan, tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.(r)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel