F Penjualan Saham Waskita, PKS: Peminat Dalam Negeri harus Didahulukan - Mata Nusantara -->

Penjualan Saham Waskita, PKS: Peminat Dalam Negeri harus Didahulukan

Jakarta, - Anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yaitu Waskita Toll Road melepas 30 persen saham dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh PT Jasamarga Kualanamu (JMKT) kepada Kings Ring Limited pada 22 April 2021. JMKT sebagai pengelola jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

"Waskita Toll Road memiliki ekuitas sebesar Rp 420 M (30% saham dari total ekuitas PT JASAMARGA KUALANAMU TOL sebesar Rp 1,4 T) di proyek tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Waskita Toll Road seluruh sahamnya di PT JMKT tersebut ke perusahaan asing (Kings Ring LTd dari Hongkong) senilai Rp824 M. Dimana Rp 420 M merupakan ekuitas Waskita Toll Road dan kelebihan Rp 404 M adalah berupa margin sebesar Rp 360 M dan sisanya untuk pembayaran biaya lain-lainnya," ungkap Anggota Komisi V DPR-RI dari Fraksi PKS Suryadi Jaya Purnama kepada media ini, Senin (26/4/2021).

Dikatakan, target penjualan awal adalah sebesar ekuitas ditambah margin 40%, sehingga Waskita Toll Road memiliki ekuitas sebesar Rp 420 M maka target marginnya adalah Rp 168 M. Dengan penjualan sebesar Rp 824 M dimana terdapat margin sebesar Rp 360 M, maka penjualan ini sudah melebihi target yang diharapkan. Akan tetapi, FPKS berpandangan perlu penilaian oleh lembaga yang independen untuk mengetahui apakah nilai tersebut memang sudah tepat atau bisa lebih besar lagi dengan proyeksi di masa mendatang.

"Dalam membangun infrastruktur, perlu banyak keterlibatan pihak lain selain pemerintah. Strategi Pemerintah untuk membangun terlebih dahulu kemudian menjual dapat dipahami selama tidak merugikan BUMN. Namun demikian akan lebih baik jika penawaran dapat dilakukan kepada perusahaan dalam negeri atau melalui IPO sehingga masyarakat luas di dalam negeri mendapat kesempatan untuk ikut memiliki ruas tol tersebut," tukas SJP kerab ia disapa.(r)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel