F KKP Gelontorkan 1,7 M untuk Program "Pugar" di Lombok Barat - Mata Nusantara -->

KKP Gelontorkan 1,7 M untuk Program "Pugar" di Lombok Barat

Foto : kegiatan sosialisasi program pengembangan usaha garam rakyat (PUGAR) yang digelar DKP Lobar.

Giri Menang, - Kementerian  Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) program pengembangan usaha garam rakyat (pugar) senilai Rp1,7 Miliar dan akan dieksekusi pertengahan tahun ini. Untuk itu Dinas terkait melakukan sosialisasi kepada warga penerima manfaat, pelaku usaha, Bumdes dan pengurus koperasi, pihak Kecamatan dan pihak Desa.

Kepala DKP Lobar L Sukawadi didampingi Kabid Pengendalian dan Investasi Selamet Riyadi mengatakan kegiatan program pugar ini diinisiasi oleh KKP dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan petani garam dan warga pesisir. "Untuk itu KKP memberikan bantuan melalui tugas perbantuan kepada Lobar untuk program PUGAR ini," jelasnya usai sosialisasi di Labuapi, Senin (11/4/2021).

Program dari dirjen jasa kelautan ini memberikan program bentuan berupa pengembangan lahan garam terintegrasi senilai Rp 1.7 Miliar dengan luas lahan sekitar 15 hektar. "Bentuk programnya fisik, berupa lahan terintegrasi seluas 15 hektar, jalan produksi, giomembran, saluran irigasi dan sarana Operasional untuk mendukung program pugar ini," jelas dia. Lebih jauh anggaran Rp 1,7 Miliar ini juga diarahkan untuk operasional. Rencananya, eksekusi program ini Bulan Juli. Saat ini sudah tahap perencanaan. Lokasi pengembangan program ini akan dilaksanakan di Desa Cendimanik. 

Sebagai salah satu persiapan menuju Eksekusi Program ini, Pihaknya melakukan sosialisasi. "Ini (sosialisasi) sebagai tahap awal menuju Eksekusi program ini. Penting dilakukan sosialisasi dulu agar diterima masyarakat, penerima manfaat," ujarnya. Dalam sosialisasi daerah ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat seperti apa program pugar ini, supaya Masyarakat termasuk Bumdes, koperasi di wilayah Lobar khususnya sekotong dan lembar menyadari program ini memiliki dampak besar.

Jumlah peserta yang hadir, sebanyak 60 orang. Dengan Narasumber dari Bappeda Provinsi, Bappeda Lobar, DKP Lobar dan DKP provinsi. Hadir pula perwakilan dari KKP. Dalam sosialisasi ini dibahas bagiamana langkah dan strategi untuk mendukung program ini. "Karena itu kami undang mereka," imbuhnya.(r) 


Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel