F AL-QURAN, SUMBER PETUNJUK - Mata Nusantara -->

AL-QURAN, SUMBER PETUNJUK

Oleh : TGH. Khalilurrahman (Pimpinan Ponpes Naga, Narmada)

Al-quran adalah kitab suci ummat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi ummat manusia. Fungsi Al-quran ada beberapa macam mulai dari fungsi Al-quran dalam agama Islam, fungsi Al-quran bagi kehidupan manusia, dan fungsi Al-quran sebagai sumber ilmu.  Al-quran juga merupakan dasar hukum Islam dan sumber syariat Islam yang memiliki manfaat bagi umat manusia. Nabi Muhammad adalah seorang rasul yang dipercaya menerima mukjizat berupa Al-quran yang bertugas untuk menyampaikan, mengamalkan, menafsirkan dan menjelaskan setiap ayat ataupun peristiwa yang mengiringi turunnya Al-quran.

Al-quran diturunkan menggunakan bahasa arab dan maknanya dari Allah SWT. Hingga sampai saat ini keaslian Al-quran tetap dijaga dan terus dibukukan dengan menggunakan bahasa arab. Al-quran juga sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa dunia. Hal ini bertujuan agar Al-quran lebih mudah di pahami dan dapat dipelajari sesuai bahasa masing2. Namun bahasa asli Al-quran yaitu bahasa Arab tetaplah disertakan, untuk mempertahankan dan menjaga keasliannya.

Fungsi Al-quran dalam Agama Islam

1. Al-Huda (Petunjuk). Ada tiga posisi Al-quran yang berfungsi sebagai petunjuk, yakni sebagai petunjuk bagi manusia secara umum, sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, dan sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

2. Al-Furqon (Pemisah). Yakni memisahkan antara yang hak dan yang batil, atau antara yang benar dan yang salah. 

3. Al-Asyifa (Obat). Al-quran bisa menjadi obat, terutama penyakit mental atau obat rohani. Membaca, mendengar ataupun mempelajari Al-Qur’an dapat memberikan pencerahan dan kesejukan hati.

4. Al-mau'izah (Nasihat). Di dalam Al-Quran terdapat banyak pembelajaran, nasihat-nasihat, peringatan tentang kehidupan. Umumnya berkaitan dengan peristiwa atau kejadian yang dapat dijadikan pelajaran bagi orang-orang di masa sekarang atau masa setelahnya.

Fungsi Al-quran Bagi Kehidupan Manusia

1. Sebagai petunjuk menuju jalan yang lurus.

Al-quran berisikan penjelasan tentang hal-hal yang salah dan benar, serta peringatan dan janji agar terus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

2. Merupakan mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW

Al-quran adalah mukjizat terbesar yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW, karena sifatnya yang sesuai untuk setiap zaman dan tempat. Kemuliaan Alquran akan terus terjaga sampai hari qiyamat nanti.

3. Menjelaskan kepribadian manusia

Kepribadian manusia dijelaskan dengan contoh2 dan peristiwa yang terjadi di masa lampau maupun mendatang. Sebagai ibrah atau perbandingan. Terdapat pula cerita-cerita dari masa lalu yang dapat dijadikan catatan agar kita tidak mengulangi kesalahan tersebut di masa kini. 

4. Merupakan penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya

Sebelum Al-quran, ada beberapa kitab Allah yang juga diturunkan kepada para nabi, seperti Injil, Taurat,dan Zabur. Kitab-kitab Allah sebelumnya ditujukan hanya pada umat pada zaman tersebut saja, berbeda dengan Al-Quran yang dapat digunakan sampai akhir zaman.

5. Al-quran memantapkan Iman, Islam dan Ihsan

Membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Quran, akan semakin membuat kita mantap dan yakin tentang kebenaran dan keyakinan yang kita anut, sehingga menuntut kita untuk senantiasa menjaga hubungan kita dengan Allah, dengan Manusia dan Alam semesta. 

Fungsi Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu

1. Ilmu tauhid, yakni pembahsan tentang keyakinan pokok sehingga dapat memperkuat keyakinan dan menghilangkan keraguan.

2. Ilmu hukum, baik hukum dunia maupun akhirat.

3. Ilmu tasawuf dan Ilmu filsafat . Sebagai bagian dari cara untuk mensucikan jiwa, menjernihkan akhlak dan batin. Penjelasan tentang hal_hal yang sifatnya sangat fhilosopis terutama dalam ranah keyakinan ataupun dasar_dasar penetapan dari sebuah perintah maupun larangan

4. Ilmu sejarah yang berisikan tentang sejarah dari masa terbentuknya manusia, perjuangan para Nabi, peta dunia, kisah2 perjuangan Nabi Muhammad SAW.

5. Ilmu pendidikan, Menyangkut tentang hal_hal yang menjadi kebutuhan manusia, baik secara moril maupun materiil.

Dengan banyaknya fungsi istimewa yang dimiliki Al-Qur’an, tentu akan sangat merugi jika kita tidak mampu meraihnya. Karenanya kita membutuhkan langkah2 agar dapat menjadikan diri kita juga istimewa di hadapan Alquran. Berikut ini adalah empat langkah diantaranya : 

Pertama, melafazkannya atau membacanya. Kedua, menghafalkannya. Sehingga dapat menjadi sahabat sejati dalam kehidupanKetiga, mentadaburinya atau berusaha merenungkan dan memahami kandungan maknanya. Keempat, mengamalkannya. 

Proses mengamalkan ini dapat dipahami dengan cara menjadikan setiap aktivitas kita sesuai dengan tuntunan Alquran, baik dalam urusan duniawi maupun ukhrawi.

Semoga kita dapat meraih keistimewaan Al-Quran ini, terutama saat kita sedang menjalani ibdah suci Ramadhan ini, Amien.

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel