BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Warga Lembar Pertanyakan Dana Program Bina Lingkungan Pelindo III

Lombok Barat, -  Warga Dusun Teluk Waru Selatan, Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat protes PT Pelindo III. Mereka minta kepada BUMN itu agar  memperhatikan warga masyarakat sekitar sebagai bukti kepedulian lingkungan dan perekrutan tenaga kerja.

"Kami menuntut PT  Pelindo III merekrut tenaga kerja dari wilayah ini," kata Kepala Dusun Teluk Waru Selatan, Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar Dalisah kepada wartawan, Minggu (14/3/2021)..

Dikatakannya, potensi sumber daya alam yang melimpah di lokasi pembangunan PT Pelindo  III awalnya sangat meningkatkan perekonomian masyarakat. Biasanya, sebelum BUMN itu berdiri, warga mengais rezeki di wilayah itu.

"Ikan dan sumber daya laut di wilayah itu sebagai sumber penghidupan kami. Sekarang warga kami tidak bisa mencari penghidupan di sana," katanya seraya mengatakan bahwa semestinya PT Pelindo III memperioritaskan warga setempat untuk di rekrut sebagai tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi pendidikan.

"Hanya 2 orang warga kami yang bekerja disana sebagai security," ungkapnya.

Ia juga menuntut PT Pelindo III untuk memperbaiki akses jalan yang ada di wilayah itu. Selain itu, ia juga mempertanyakan anggaran Bina Lingkungan (BL). 

"Kami tidak pernah menerima bantuan dana bina dilingkungan. Kalaupun ada, hanya warga dapat bantuan sembako sekali," katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi NTB dari Fraksi Partai Gerindra Nauvar F. Farinduan mengatakan bahwa PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) semestinya  memprioritaskan perekrutan tenaga kerja dari warga sekitarnya dengan tetap menyesuaikan standar kualifikasi.

"Semestinya Pelindo III memprioritaskan perekrutan tenaga kerja dari wilayah tersebut. Dengan demikian, ekonomi masyarakat bisa mengalami perubahan yang mengarah pada kesejahteraan," katannya.

Ia juga menyoroti anggaran Bina Lingkungan (BL) yang tidak pernah di salurkan kepada warga. Menurutnya, sebagai salah satu perusahaan BUMN, Pelindo III memiliki tanggung jawab besar dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Peran dan tanggung jawab sosial Pelindo III dilaksanakan melalui Partnership Program atau lebih dikenal dengan sebutan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan), sebagaimana yang diatur dalam Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

"Program dana BL harus di salurkan kepada warga yang membutuhkan," katanya seraya mengatakan dana program Bina Lingkungan yang harus dialokasikan Pelindo III untuk bantuan korban bencana alam, pendidikan dan/atau pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan prasarana dan/atau sarana umum, sarana ibadah, dan  pelestarian alam.

Sementara itu, GM PT Pelindo III saat dikonfirmasi tidak berada di tempat.(r)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News