F Sholat Berjamaah Membentuk Pribadi Disiplin & Istiqomah - Mata Nusantara -->

Sholat Berjamaah Membentuk Pribadi Disiplin & Istiqomah

Sumbawa, - Dengan tema "Kita tingkatkan sholat berjamaah 5 waktu dalam membentuk pribadi yang disiplin dan Istiqomah" bertempat di masjid Agung Darussalam Komplek KTC Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat NTB.Pada Jum'at (19/3/21) pukul 08.00 wita.

"Isra' merupakan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsho di Yerussalem.Sedangkan Mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad Saw dari bumi menuju langit ketujuh, lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. Ini diperingati setiap tahunnya oleh kaum muslimin," kata Kapolres Sumbawa Barat Polda NTB AKBP Herman Suriyono Sik MH, melalui Paur Subbag Humas IPDA Eddy Sobandi,S.Sos.

Dalam sambutan Bupati Sumbawa Barat DR.Ir.H.W.Musyafirin,MM mengajak kebersamaan dalam peringatan teresbut.

"Muda mudahan pada momentum Isra mi'raj ini kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan pada perayaan Isra mi'raj nabi Muhammad SAW tahun ini kita mengangkat tema "tingkatkan sholat berjamaah 5 waktu dalam membentuk pribadi yang disiplin dan istiqomah" semoga dengan tema ini kita semua semakin semangat sholat berjamaah di masjid," kata H.Firin.

H.Firin juga menngajak, "mari kita imani apa saja yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam kitab al-quran dan Al hadits yang telah sampaikan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan dan penutup para nabi."

Kemudian DR.KH.Zulkifli Muhadli,SH.MM memberikan siraman rohani menyampaikan,seperti yang disampaikan oleh pak Bupati tadi apa yang ada di al Quran dan Al hadits itu pasti benar, "walaupun kita belum mengetahuinya kita tidak boleh ragu dengan kebenaran yang ada di Al Qur'an dan Al hadits tersebut," katanya.

KH Zulkifli menambahkan, peringatan Isra’ Mi’raj Allah SWT ingin memberikan pesan bahwa manusia wajib menunaikan Ibadah Shalat sebagai pedoman jiwa dan perilaku, shalat adalah kebutuhan dan Ibadah utama yang wajib dilaksanakan dalam sendi kehidupan. Selain itu juga tingginya ketaqwaan pasti terlihat dari cara kita memperlakukan orang lain semakin baik amal ibadah kita maka semakin baik pula perlakuan dan perilaku kita kepada orang lain dan begitulah sebaliknya.

"Nabi Muhamad SAW sebagai suri tauladan dalam kehidupan sepanjang masa saat ini dunia dan isinya mengalami perubahan dalam segala sendi dan substansi. Tantangan akan terimplementasinya Ajaran Syari’ah Islam menjadi sangat berat namun dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT yang dapat membuat umat manusia tetap berada dalam lingkaran yang aman dan penuh berkah." Ucapnya.

Lanjutnya, sebagai bangsa dengan keragaman suku, etnis, dan agama sangat relevan bila kita berpedoman pada Al-Quran dan Al hadits yang mengajarkan prinsip-prinsip tasamuh dan hidup berdampingan secara damai dengan umat yang berbeda tanpa mengganggu akidah dan ibadah masing-masing. "Semoga dengan peringatan Isra’ Mi’raj ini kita dapat semakin meningkatkan kerukunan, perdamaian dan keramahan dalam keberagaman kita sebagai umat manusia. Mari kita ciptakan kehidupan antar umat beragama yang harmonis penuh toleransi dan kasih sayang serta menjunjung tinggi kesucian manusia yang wajib dilindungi," cetusnya.(r)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel