BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Lestarikan Durian Lokal, Desa Presak Tanam 5000 Bibit Pohon

Foto : Bahri.

Lombok Barat, - Pemerintah Desa (Pemdes) Peresak Kecamatan Narmada Lombok Barat berupaya melestarikan sejumlah varietas durian lokal yang keberadaannya hampir punah. Untuk menjaga kelestarian varietas durian tersebut, Pihak desa setempat melakukan pembibitan 850 bibit pohon melalui program Dana Desa (DD). Kedepan, durian ini akan menjadi unggulan desa setempat sebagai ikon desa wisata. 

Kepala Desa Peresak Bahri mengatakan pihaknya sudah melakukan program pelestarian durian Peresak. "Kami sudah melestarikan durian Peresak, melalui pembibitan 850 bibit," jelas Bahri, Selasa (30/3/2021). Terdapat belasan Varietas durian ini, namun yang baru dikembangkan beberapa varietas diantaranya tong medaye, si gadung, si gole, si payo. Durian ini disebut durian Peresak, konon durian ini ada semenjak zaman Belanda. Ia baru tahu varietas durian ini setelah menjadi kades. "Rasanya enak sekali," aku dia. Harganya pun lumayan tinggi. 

Sejauh ini pihaknya sudah mengembangkan durian Peresak ini di dusun Tebao dengan jumlah sekitar 850 bibit pohon yang didanai  dari DD. Masing-masing dusun dibagikan 125 bibit pohon untuk ditanam. "Untuk sentral pembibitan dan pelestarian masih dilakukan di Dusun Tebao"ujarnya. Selanjutnya Pihaknya akan melakukan pengadaan bibit lagi, karena targetnya 5000 bibit pohon. Untuk produksi durian ini sendiri, pihak desa belum mendata, karena saat ini masih sebatas dikelola oleh pihak pure. 

Kedepan kalau pohon durian sudah berbuah, akan dikelola oleh Bumdes. Dimana Bumdes akan membeli buah, menyiapkan tempat membelinya dan makan buah. "Kita butuh bijinya untuk pembibitan, dan kedepan durian menjadi ikon desa kami," jelas dia. Bahkan dia sudah mengusulkan ke BJN, agar di jembatan persis di monumen sapi dibuat semacam monumen selamat datang di obyek Desa Presak dengan ikon durian. 

Ia menambahkan Pengembangan durian varises ini juga sebagai implementasi dari visi misinya sebagai kades. Dalam pengembangannya, Pihaknya berkordinasi dengan Distan. Pihak distan pun menyambut baik. Karena baru kali ini desa mau membiayai pengembangan durian lokal. "Karena memang jenis durian ini hampir punah," aku dia.(r)


Foto Kades Peresak Bahri

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.