BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Kartu Prakerja akan Prioritaskan Pelaku Pariwisata Terdampak Covid-19

Toba, - Jumlah tenaga kerja pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang terdampak pandemi diperkirakan mencapai angka 30 juta orang. Dalam keadaan seperti ini harus tetap optimis untuk bangkit.

"Oleh karena itu, sesuai dengan arahan Bapak Presiden, untuk membantu tenaga kerja di berbagai sektor yang terdampak pandemi, Pemerintah melaksanakan program Kartu Prakerja," terang Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Sabtu (27/3/2021) melalui laman fesbuknya.

Dipaparkan, sasarannya adalah SDM pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi dan pelaku usaha mikro dan kecil. Secara umum, Pemerintah mengalokasikan 600 ribu orang penerima Kartu Prakerja di setiap batchnya.

"Pada beberapa waktu lalu saat bertemu dengan Menko Perekonomian, Bapak Airlangga Hartarto, secara khusus saya meminta agar Program Kartu Prakerja memprioritaskan pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, mengingat sektor ini merupakan sektor paling terdampak dan terpuruk dari pandemi Covid-19," ungkapnya.

Pihaknya memastsikan setelah pertemuan tersebut, Kemenparekraf dan Program Kartu Prakerja langsung Gercep, Geber, Gaspol demi mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional dan terciptanya kembali lapangan kerja.

"Apresiasi sebesar-besarnya kepada Program Kartu Prakerja yang telah menyelenggarakan kegiatan di hari ini, yang memang dikhususkan untuk para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak di sekitar Danau Toba," tandasnya.(r)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.