BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

BPBD & PU Saling Lempar Tangani Jalan Rusak Akibat Banjir di Sekotong

Foto: rusak parah, kondisi jalan kabupaten di dusun Telaga Lebur desa Sekotong tengah ini rusak parah akibat longsor dan banjir.

Giri Menang, - Organisasi Perangkat Daerah (0PD) di Lombok Barat saking lempar tanggung jawab menangani jalan kabupaten di dusun Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah yang rusak akibat Bencana banjir beberapa waktu lalu. Antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melempar penanganan jalan itu ke dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Begitupula Dinas PUPR beralasan penanganan jalan secara darurat karena kerusakan dampak bencana sehingga  menjadi kewenangan BPBD.

Terpisah, kepala Pelaksana BPBD Mahnan mengaku terkait penanganan jalan itu memang masuk ke dinas PU. Karena pemeliharaan jalan itu ada di dinas PU. "Soalnya dia (PU) yang tangani pemeliharaan jalan," kata Mahnan, Kamis (18/3). Namun demikian, Rencananya ia akan turun mendampingi Wabup untuk mengecek kondisi jalan rusak tersebut. Sekalian Pihaknya akan turun mengecek penanganan banjir di labuan Tereng kecamatan Lembar. Nantinya hasil pengecekan lapangan ini akan dikaji langkah penanganan selanjutnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Made Arthadana mengatakan pihaknya mengaku tidak memiliki anggaran untuk penanganan jalan itu. Sehingga untuk penanganan darurat masuk ke BPBD. "Intinya kita usulkan skema penanganan darurat ke pak bupati melalui kepala BPBD," jelas dia. Pihaknya akan bekerja dibawah payung BPBD karena termasuk kondisinya darurat. Karena PU sendiri akan masuk pada penanganan pasca bencana. Sehingga Program penanganan akan dialokasi melalui BPBD. Lebih-lebih dana yang bisa dipakai cepat untuk penanganan cepat dan transisi ada anggaran darurat di BPBD. "Kalau di kami tidak ada uang, karena itu yang bisa cepat itu melalui anggaran darurat di BPBD," imbuhnya. Ia menambahkan timnya sudah turun mengecek lokasi.

Sementara itu, akses jalan kabupaten penghubung Desa dan beberapa dusun di Desa Sekotong Tengah kecamatan Sekotong Lombok Barat (Lobar) yang rusak akibat bencana banjir beberapa waktu lalu belum disentuh oleh Pemda Lombok Barat. Beberapa dusun terancam terisolasi di antaranya Dusun Loang Balok, Dusun Telaga Lebur Dese, Dusun Telaga Lebur dan beberapa dusun di daerah perbukitan.

Akses jalan ini juga diterjang longsor, karena berada tebing perbukitan. Dipicu juga aktivitas pembukaan bukit untuk tanah urug dan pembangunan di jalur tersebut. "Warga berharap agar jalan tersebut ditangani oleh Pemda," kata Sekretaris desa sekotong tengah M Rasid.(r)


Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.