F Salurkan Bantuan, Farin: Pemerintah Perlu Blueprint Mitigasi Bencana - Mata Nusantara -->

Salurkan Bantuan, Farin: Pemerintah Perlu Blueprint Mitigasi Bencana

Lombok Barat, - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Lombok Barat, HBK Peduli dan Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Lombok Barat menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Sekotong, dan Lembar, Kabupaten Lombok Barat pada Rabu  (3/2/2021).

Adapun bantuan itu berupa  kebutuhan pokok, yang terdiri atas mie instan, beras, sabun colek, minyak goreng, susu cair dan shampo (Sembako) serta air bersih.

"Kami atas nama pengurus DPC Partai Gerindra, HBK peduli, dan fraksi Partai Gerindra menyerahkan bantuan ke Desa Taman Baru dan Buwun Mas, semoga bantuan itu dapat bermanfaat," kata Ketua DPC Partai Gerindra Lombok Barat, Nauvar F. Farinduan di dampingi Sekretaris DPC Partai Gerindra Hj Nurhidayah beserta jajaran pengurus.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Lombok Barat Nauvar F. Farinduan mengatakan bahwa banjir ini hampir setiap tahun  terjadi apabila curah hujan tinggi. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus menyikapi secara serius bencana ini dengan menyiapkan blueprint mitigasi bencana baik berupa advokasi, edukasi ataupun pembangunan berbasis komunitas.

"Kalau banjir terjadi berulang kali artinya terdapat permasalahan yang secara sengaja di biarkan tanpa di carikan solusi oleh pemerintah daerah," katanya.

Menurutnya, upaya mengurangi resiko bencana  dapat di lakukan oleh pemerintah, masyarakat,  bahkan dari individu. Semua orang baik individu maupun kelompok dapat bertindak sesuai peran masing-masing untuk mengurangi risiko bencana.

"Dalam masalah ini, pemerintah memiliki peran strategis menyiapkan mitigasi bencana. Masyarakat sangat mengharapkan pembangunan dan perbaikan drainase," katanya.

Dikatakannya, pemerintah daerah perlu merespon bencana semacam ini mitigasi wilayah bencana baik itu kondisi lingkungan, dan atau masyarakat yang rentan terhadap resiko bencana banjir.

"Kalau ada blueprint mitigasi wilayah bencana. Maka bisa mengurangi resiko jatuh korban jiwa," katanya.(r)

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel