F Farin: Hidroponik Perkuat Ketahanan Pangan Masyarakat - Mata Nusantara -->

Farin: Hidroponik Perkuat Ketahanan Pangan Masyarakat

Lombok Barat, - Karang Taruna Desa Merembu, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat mengembangkan sistem pertanian hidroponik.

Ketua Karang Taruna Desa Merembu Abror Siladi mengubah atap rumah menjadi kebun hidroponik. Ketekunan berbudidaya sayuran hidroponik ini ia lakukan sejak ia masih aktif di salah satu pondok pesantren. Memilih berbisnis hidroponik di saat masa pandemi Covid-19 ini sangat menjanjikan.

"Bercocok tanam hidroponik itu lebih efesien, hemat biaya, perawatannya tidak capek. Dan yang terpenting masa panennya lebih cepat dibanding bercocok tanam konvensional," katanya saat meninjau lokasi sayuran hidroponik bersama anggota DPRD Provinsi NTB dari Fraksi Partai Gerindra Nauvar F. Farinduan, Kamis (11/2/2021).

Menurutnya, sejauh ini hasil panen baru dipasarkan di sekitar lingkungan dan para usaha mikro, kecil dan menengah yang ada di wilayahnya. Modal awal budidaya hidroponik ini sebesar Rp. 2.500.000,- berasal dari kantong sendiri.

"Tidak ada support dari pemerintahan desa. Saya mengajak pemuda untuk sama-sama memanfaatkan kesempatan di tengah pandemi ini," sambungnya seraya mengatakan keuntungan yang di dapat ini bisa menambah modal usaha.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi NTB Fraksi Partai Gerindra Nauvar F. Farinduan memberikan apresiasi terhadap kreativitas karang taruna ini. Ia berharap dengan sistem budidaya hidroponik ini bisa dikembangkan. Kegiatan semacam ini dapat mengalihkan kegiatan  pemuda di masa pandemi untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat.(r)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel