F Dinas Perdagangan NTB Lakukan Strategi Pengembangan Ekspor - Mata Nusantara -->

Dinas Perdagangan NTB Lakukan Strategi Pengembangan Ekspor

Mataram, - Nilai ekspor NTB pada tahun 2020 cukup baik. Bahkan ditengah pandemi nilai ekspor NTB mencapai US$ 8,6 juta di luar tambang. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Drs. H. Fathurrahman dalam webinar Strategi Menembus Pasar Taiwan yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia NTB, Rabu 10 Februari 2021.

Fathurrahman mengatakan pada tahun 2020 meskipun dalam masa pandemi Covid-19, NTB tetap mampu mengekspor sejumlah komoditi dari UMKM NTB.

"Nilai komoditas maupun produk UKMK kita untuk pangsa ekspor, pada tahun 2020 sampai dengan Desember kemarin adalah hampir senilai US$ 8,6 juta di luar tambang," ungkap Kepala Dinas.

Kepala Dinas juga menyampaikan beberapa strategi pengembangan eskpor yang dilakukan Dinas Perdagangan Provinsi NTB baik dari hulu tengah sampai ke hilir. Di hulu misalnya akan dilakukan penguatan kapasitas, identifikasi dan kurasi UMKM potensial, orientasi ekspor produk unggulan dan tak ketinggalan membuat semacam database seperti yang terdapat di NTBmall.com dan SIMPUL.

"Sistem informasi UMKM Lokal (SIMPUL),  merupakan bentuk database yang nantinya akan menyediakan gambaran/mapping komoditas di NTB," jelasnya.

Ditekankan pula bahwa Dinas Perdagangan Provinsi NTB selalu memberikan pendampingan secara utuh bagi para UMKM ekspor NTB.

"Baik itu bentuknya fasilitasi maupun bentuk bimbingan dan sebagainya terhadap UMKM kita di NTB, serta bagaiamana memastikan UMKM kita dipermudah dalam pengurusan dokumen-dokumen untuk ekspor," tegas Kepala Dinas.

Strategi di Tengah misalnya berkaitan dengan beberapa infrastruktur yang menunjang arus distribusi barang skala ekspor. Sedangkan di HIlir akan dilakukan promosi dan akses pasar bagi komoditi maupun  produk olahan UMKM NTB.(r)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel