F Selo Group Dukung Berbagai Program Keberlanjutan di Lombok - Mata Nusantara -->

Selo Group Dukung Berbagai Program Keberlanjutan di Lombok

Lombok, – Selo Group, perusahaan pengembang pemenang penghargaan dan terintegrasi penuh yang berbasis di Singapura, terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di Lombok melalui beragam program keberlanjutan. Komitmen Selo terhadap keberlanjutan tercermin dalam operasional dan keterlibatan Selo dengan komunitas setempat dan lingkungan sekitar.

Danar Dewantoro, Learning Development, Selo Group, mengatakan, “Keberlanjutan adalah pilar utama Selo Group dan kami membuktikan komitmen kami dalam operasional serta keterlibatan kami dengan masyarakat setempat di Lombok. Mulai dari menyediakan lapangan kerja dan pelatihan untuk masyarakat setempat, dukungan infrastruktur untuk sekolah hingga menerapkan strategi zero waste, kami senang dapat memberi kembali ke masyarakat dan menjaga keindahan alam yang kami sebut rumah.” 

Inisiatif keberlanjutan dalam Selo Footprints Program meliputi penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan taraf hidup di daerah Selong Belanak, serta memberikan dukungan saat bencana alam. Perusahaan juga berkoordinasi dan berpartisipasi dalam aksi bersih pantai, mendukung sekolah setempat, dan merupakan anggota Selong Belanak Community Association yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan, pengelolaan sampah, dan pengembangan masyarakat.

Dukungan Saat Pandemi

Selo menyadari pandemi COVID-19 yang menerpa dunia, termasuk Indonesia, memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian. Untuk membantu mereka yang terdampak pandemi, Selo berupaya untuk terus menyediakan lapangan kerja bagi para pekerja konstruksi yang sebagian besar berasal dari desa sekitar. Hal ini dilakukan untuk membantu mereka yang telah kehilangan pekerjaan sebelumnya agar tetap dapat menafkahi keluarga.

Bantuan Bencana Alam

Selo memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana dengan membagikan sembako kepada korban gempa bumi di bagian utara Lombok.

Aksi Bersih Pantai

Selain membantu masyarakat terdampak bencana, Selo juga meyakini pentingnya melestarikan lingkungan. Selo telah berkoordinasi dan berpartisipasi secara rutin dalam aksi bersih pantai, serta mengedukasi masyarakat sekitar mengenai pentingnya mengurangi sampah plastik untuk kebersihan lingkungan dan mendorong pariwisata. 

Zero Waste (Bebas Sampah)

Selo berkomitmen untuk mengurangi limbah konstruksi dengan menerapkan strategi Zero Waste. Selo Group mendukung pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dan botol air plastik, mengurangi sampah yang masuk ke tempat pembuangan sampah (TPA) dan lautan. Untuk mengurangi limbah, Selo mempraktikkan daur ulang dan penggunaan kembali dengan memilah dan memproses limbah di fasilitas pengelolaan limbah Selong Selo untuk membuat bahan bakar ramah lingkungan, pupuk untuk pertanian organik dan produksi bahan yang digunakan kembali dalam kontruksi. 

Pack For a Purpose

Selo berkomitmen untuk menjangkau masyarakat melalui aktivitas kesukarelaan dan donasi dalam program Pack For a Purpose. Melalui program ini, Selo mengajak para tamu resort untuk medukung masyarakat desa setempat dengan membawa barang-barang layak pakai untuk didonasikan seperti baju, sepatu dan perlengkapan sekolah

Dukungan untuk Sekolah Lokal dan Klub Olah Raga 

Selo percaya bahwa masyarakat yang kuat dan maju akan terwujud jika kesejahteraan dan pendidikan anak ditingkatkan.  Selo telah memberi dukungan kepada sekolah-sekolah lokal dengan membantu menyediakan infrastruktur penting seperti tangki air dan internet. Selo juga membantu mendirikan klub olah raga seperti klub sepak bola Selo.

Selo juga berupaya untuk meningkatkan pendidikan di salah satu desa terpencil yaitu desa Jowet dengan menyediakan akses internet untuk sekolah-sekolah, memprakarsai program guru bahasa Inggris dan kelas pariwisata serta mengadakan lelang kaos dan celana. 

Pemberdayaan Komunitas & Asosiasi

Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab, Selo memahami kebutuhan masayarakat setempat. Perusahaan telah memberdayakan penduduk setempat dengan mempekerjakan mereka dalam banyak posisi penting. Penyediaan lapangan kerja yang berkelanjutan untuk masyarakat diyakini dapat mendorong pertumbuhan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah Selong Belanak. 

Selo juga merupakan anggota dari Selong Belanak Community Association – organisasi yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan, pengelolaan sampah dan pengembangan masyarakat di Selong Belanak. 

Selo Pension Fund (Dana Pensiun Selo) 

Dibentuk pada tahun 2017, dana pensiun Selo ditujukan sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada karyawan perusahaan yang setia dan dapat dipercaya, serta membantu mereka untuk merencanakan pensiun pada usia 55 tahun. Karyawan purna waku berhak menjadi anggota program pensiun setelah menyelesaikan masa kerja salam 24 bulan. 

Selo juga memperhatikan karyawannya melalui kontribusi dana untuk pensiun di masa depan, serta menawarkan gaji kompetitf, perlindungan Kesehatan, cuti berbayar, dan mengikuti program BPJS pemerintah.

Melalui program berkelanjutan tersebut, Selo berharap dapat menciptakan dan mempertahankan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Mengenai Selo Group

Selo Group memiliki rekam jejak yang telah terbukti dalam hal kualitas bangunan, resort dan vila mewah yang dibangun tepat waktu dan sesuai anggaran serta telah memenangkan penghargaan hingga standar internasional terbaik. Model bisnis yang diterapkan meliputi pembebasan lahan, pembangunan dan operasional. Tim berkelas internasional yang berpengalaman mengawasi desain, penjualan dan pemasaran properti, konstruksi serta pengoperasian hotel dan resort. Selo group menyediakan beragam layanan pengembangan, pembangunan, pengoperasian, dan manajemen, mengawasi proyek dari awal hingga akhir dengan komitmen kuat terhadap keberlanjutan. Melalui integrasi vertikal, Selo Group menggabungkan keahlian dalam hal desain, penjualan dan konstruksi ke dalam resort yang dikelolanya. Teknologi dan desain Selo yang ramah lingkungan mencerminkan komitmen terhadap prinsip-prinsip keberlanjutan dalam sistem konstruksi, operasi internal dan keterlibatan dengan masyarakat setempat dan lingkungan.(r)


Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel