F Ini Hasil Rapid Antigen Massal Semalem di Lombok Epicentrum - Mata Nusantara -->

Ini Hasil Rapid Antigen Massal Semalem di Lombok Epicentrum

Mataram, - Polresta Mataram yang menggandeng Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Mataram, sukses melaksanakan  rapid antigen massal di Lombok Epicentrum Mall, Sabtu malam (16/01/2021). Kegiatan ini sebagai upaya menekan penyebaran Virus Covid-19 di Kota Mataram. Kegiatan yang melibatkan Tim PSC RSUD Kota Mataram ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi.

Rapid tes antigen ini digelar secara acak, 30 alat rapid tes disiapkan oleh RSUD Kota Mataram. 25 untuk pengunjung dan karyawan Lombok Epicentrum Mall dan 5 rapid tes lagi digunakan untuk anggota Kepolisian yang berminat. ‘’Alhamdulillah kita bersyukur rapid antigen massal ini sukses kita laksanakan di pusat perbelanjaan. Ini bagian dari upaya kita menekan penyebaran Covid-19 di Kota Mataram,’’ ungkap Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi. 

Ia mangatakan untuk hasilnya diserahkan sepenuhnya dan menjadi kewenangan tim medis. Jika hasilnya ada yang positif. Tim medis langsung menghubungi dan diminta segera melaksanakan swab tes di RSUD Kota Mataram. ‘’Kalau ada yang positif akan dihubungi untuk swab ulang di rumah sakit. Nanti rumah sakit yang putuskan apakah melaksanakan isolasi mandiri atau rawat inap,’’ ungkapnya. 

Selain untuk menekan penyebaran Covid-19. Rapid Antigen yang dilaksanakan secara acak di Lombok Epicentrum Mall itu juga bagian dari upaya mengedukasi masyarakat. Yaitu agar masyarakat tetap tertib dan mematuhi protokol kesehatan. ‘’Karena yang paling penting sekarang adalah tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita sekarang masih di masa pandemi yang belum berakhir,’’ katanya. 

Rapid antigen massal secara acak atas inisiasi Polresta Mataram. Lalu disambut positif dan disetujui oleh Gugus Tugas Kota Mataram. Rapid antigen dimulai pukul 19.00 wita yang diawali dengan apel gelar pasukan untuk kesiapan pelaksanaan kegiatan, diikuti oleh ratusan personel Polresta Mataram. Turut hadir sejumlah anggota TNI dan Satpol PP Kota Mataram. Setelah apel, rapid tes antigen langsung digelar. Kapolresta Mataram memastikan, kegiatan serupa masih dilaksanakan kedepannya.  ‘’Kita akan laksanakan di perkantoran, pasar dan pusat perbelanjaan lainnya. Termasuk juga di tempat hiburan. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Mataram untuk pelaksanaannya,’’ katanya. 

Dalam kegiatan rapid antigen secara acak ini, petugas menyebar di seluruh area pusat perbelanjaan itu. Tujuannya juga untuk mencari pelanggar protokol kesehatan. Seperti tidak menggunakan masker. ‘’Tidak ada pelanggar protokol kesehatan yang kita dapati di sini,’’ ungkap Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol Taufik. 

Direktur RSUD Kota Mataram, dr HL Herman Mahaputra menyambut baik dan antusias dengan kegiatan rapid antigen yang diinisiasi Polresta Mataram tersebut. ‘’Kami siap mendukung dengan menyiapkan peralatan dan personel untuk rapid antigen ini. Di beberapa lokasi lainnya masih akan dilaksanakan,’’ katanya.

Ia membeberkan hasil rapid antigen tersebut untuk sementara negatif pasalnya masih ada sampel yang belum jadi.

"Semalem keburu waktunya mall tutup, sampai saat ini belum ada laporan dari staf," tandasnya kepada media ini melalui pesan singkat WA, Ahad sore (17/1/2021).(r)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel