F Kampung Sehat Rhee Loka Miliki Ketahanan Pangan yang Kuat - Mata Nusantara -->

Kampung Sehat Rhee Loka Miliki Ketahanan Pangan yang Kuat

Sumbawa Besar, - Desa Rhee Loka merupakan salah satu desa yang ikut dalam lomba Kampung Sehat Inisiasi Kapolda NTB. 

Desa ini tergolong desa yang beruntung karena dianugerahi alam yang subur serta air yang mengalir tiada henti. Wajar jika mayoritas penduduknya hampir 70 persen bercocok tanam. 

Dari sisi ketahanan pangan, secara umum wilayah kecamatan Rhee tergolong sangat kuat. terlebih sejak petani menanam varietas jagung Kumala, nama desa Rhee semakin booming se-wilayah Kmabupaten Sumbawa dengan ikon jagung. dari bertani jagung Kumala, pundi-pundi rupiah mengalir memperkuat sektor UMKM dan Home Industri warga setempat.

Kapolsek Rhee, IPDA Mochamad Ramdhani S.TrK yang ditemui wartawan pada Senin (28/9/2020) megatakan, selain bercocok tanam di lahan, seperti sawah, kebun, dan ladang, warga juga memperkuat ketahanan pangan dengan menananm berbagai jenis tanaman rumah dan pekarangan. disamping itu, warga juga melakukan budi daya ikan di pekarangan, sebab di desa Rhee satu - satunya tempat BBI (Budi daya Bibit Ikan) di Sumbawa. 

"Lingkungan Desa Rhee Loka terlihat bersih, air mengalir  melalui saluran irigasi yang tiada henti di tengah perkampungan", ujar Kapolsek.

Menurut Ramdhani, sapaan Kapolsek Rhee, masing masing rumah warga ada tempat cuci tangan baik dari tempayan atau bong maupun dari ember. setiap yang masuk ke dalam desa selalu disiplin memperhatikan protokol kesehatan. 

"Warga sangat peduli dengan protokol kesehatan atau prokes dan satu sama lain saling tegur jika tidak pakai masker sehingga pencegahan dapat maksimal. Alhamdulillah, sejauh ini di kecamatan Rhee zero positif", ungkap Ramdhani.

Selain itu, sambung Kapolsek Rhee, intensnya pelaksanaan penertiban masker dan operasi yustisi baik di depan polsek maupun patroli malam di tempat keramaian seperti lapak jagung dengan sanksi sosial yang bervariasi serta teguran lisan.

"Peran Karang Taruna Desa Rhee Loka seperti sosialiaasi kepada masyarakat, baik harian maupun bulanan. juga penertiban bersama sejumlah unsur yang melibatkan pihak pemerintah kecamatan dan desa serta TNI dalam setiap operasi yustisi," tandas Kapolsek Rhee. (Yd)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

 


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel