BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

IKM Kopi NTB Siap Berkontribusi dalam JPS Tahap III


MATARAM, - Program JPS Gemilang NTB membawa berkah bagi ratusan UKM/IKM yang memproduksi Kopi di pulau Lombok dan Sumbawa. Setidaknya 134 IKM Kopi siap berkontribusi dalam paket JPS Gemilang Tahap III.

"Sampai saat ini ada sekitar 130 UKM/IKM Kopi yang terekomendasi dari Dinas Perindag Kabupaten/Kota yang siap kontribusi di JPS Gemilang tahap III," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, H Fathurrahman, Rabu (24/6) di Mataram.

Menurutnya, produk Kopi JPS Gemilang kali ini lebih banyak varian dan berasal dari  130 UKM/IKM Kopi di pulau Lombok dan Sumbawa, seperti Kopi Sajang, Datu Coffee Lombok, Etnic Robusta Lombok, Sangrai Coffee Bonjeruk, Vanbredo Tambora Dompu, Ori Coffee Dompu, Kopi Punik Sumbawa, Cahaya Robusta, Kopi Tepal Sumbawa, Umakahawa Bima, Gumbe Bima, Kon Bayan, KlU Nina Pacu dan lain sebagainya.

Program JPS Gemilang menyediakan 125 ribu paket bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi corona di NTB. Komoditas kopi menjadi salah satu item dalam paket tersebut, dimana masing-masing paket berisi 100 gram kopi kemasan.

Menurut Faturrahman, dengan penyerapan produksi Kopi di JPS Gemilang diharapkan para pelaku UKM/IKM Kopi bisa tetap berproduksi dan hasilnya terserap pasar di masa pandemi saat ini.

"Harapan kami dari Dinas Perdagangan NTB, untuk memberikan peluang bagi UMK/IKM Kopi agar bisa menggeliat di tengah wabah pandemi ini. Dan tentunya UKM/IKM Kopi bisa terus termotivasi untuk meningkatkan kualitas dan standarisasi produknya," katanya.

Ke depan, Pemerintah NTB akan terus mengupayakan peluang yang ada baik antar Provinsi maupun untuk skala eksport.

"Mudah-mudahan keberpihakan pemerintah daerah Provinsi NTB JPS Gemilang ini dapat memberdayakan UKM/IKM kita selanjutnya. Yang terpenting UKM/IKM kita bisa terus berinovasi memperbaiki kualitasnya untuk terus lebih ditingkatkan," tukasnya.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.