BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Pintu Keluar Masuk NTB ini masih Zona Hijau Covid19


Giri Menang, - Inspeksi Mendadak (Sidak) tingkat kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) hari pertama masuk kerja, pasca perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441, Tim 2 yang terdiri dari Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun, Asisten II Setdakab Lombok Barat Hj Lale Prayatni, Inspektur Wilayah Kabupaten Lombok Barat H. Ilham, M.Pd memulainya dari Kantor Camat Lembar, Selasa (26/05/2020).

Di Kantor Camat Lembar apel kehadiran dipimpin Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Hj. Lale Prayatni dihadiri Camat Lembar, Sekretaris Camat Lembar, para Kasi dan seluruh karyawan/karyawati lingkup Sekretariat Kantor Camat Lembar. Secara umum tingkat kehadiran di Kantor Camat Lembar mencapai 100 persen dari jumlah pegawai berstatus PNS sebanyak 27 orang dan tenaga kontrak sebanyak 11 orang.

Atas tingkat kehadiran segenap karyawan yang mencapai angka 100 persen tersebut, Asisten II Ir. Hj. Lale Prayatni mengaku bangga teriring ucapan terima kasih kepada seluruh pegawai lingkup Kantor Camat Lembar yang telah hadir keseluruhannya masuk kerja di hari pertama pasca perayaan Idul Fitri 1441 H.

“Kami harapkan tingkat kedisiplinan dan mematuhi aturan kerja seorang PNS agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan seperti ini untuk masa-masa yang akan datang,” ujar Lale.

Lale menambahkan, Sebagai seorang PNS hendaknya memahami dan bertanggungjawab atas tugas dan fungsi yang dimanahkan negara dalam mendharmabhaktikan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

PNS dalam sumpah dan janjinya sudah mengikrarkan diri untuk patuh dan taat terhadap aturan kepegawaian yang sudah ditetapkan Undang-Undang dalam setiap kondisi apapapun baik kondisi stabil ataupun kondisi memperihatinkan seperti wabah Covid-19 yang terjadi saat ini.

Lebih lanjut terkait dengan Covid-19 ini, Lale mengharapkan kepada para pegawai di Sekretariat Kecamatan Lembar untuk turut membantu dan tanpa kenal lelah dalam mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 ini. Meski Kecamatan Lembar dibandingkan dengan kecamatan lainnya masih lebih beruntung. Pasalnya Kecamatan yang memiliki Pelabuhan Lembar ini berstatus zona hijau Covid-19.

“Artinya warga Kecamatan Lembar tidak ada yang terapar Covid-19. Padahal Kecamatan Lembar merupakan pintu masuk dan keluar dari dan ke wilayah NTB. Arus kedatangan dan kepergian seseorang melalui jalur laut ada di kecamatan Lembar. Karena itu status seperti ini harus tetap dipertahankan, namun tetap waspada agar tetap berada dalam zona hijau. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari peran serta dan keaktipan seluruh unsur Forkompincam Lembar, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi bahaya Covid-19 ini,” kata mantan Kepala Disperindag Lombok Barat ini.

Dikatakan, hingga saat ini di Kabupaten Lombok Barat tercatat hampir 100 orang terkena Covid-19. Peneyabaran Covid-19 dari yang sebelumnya berasal dari berbagai klaster lalu disusul transmisi lokal dan saat ini banyak juga terkena para pedagang  di pasar-pasar rakyat. Bahkan hal yang menyedihkan tenaga medis Lombok Barat sudah ada yang positip Covid-19 yang tengah dalam perawatan saat ini.

“Begitu dahsyatnya penyebaran Covid-19 ini telah menimbulkan berbagai dampak sosial, ekonomi ataupun keuangan Lombok Barat yang digunakan untuk membiayai pasien positip Covid-19 ini,” kata Lale.

Sementara pemasukan daerah yang biasanya pada saat-saat normal di tahun sebelumnya bulan-bulan Mei-Juni dan seterusnya angka kunjungan wisatawan meningkat dan otomatis pendapatan daerahpun bisa diperoleh.

Namun saat ini PAD sama sekali tidak ada. Karena itu diharapkan para pegawai di lingkup Kantor Camat Lembar ini untuk tetap mematuhi protocol kesehatan Covid-19 ini, termasuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar patuh pada anjuran pemerintah, sehingga Covid-19 ini cepat berlalu. Dengan demikian PAD Lombok Barat bisa dicari kembali jika kondisinya sudah semakin membaik.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.