F PADATI BENCINGAH, ANAK PAUD SE-LOMBOK BARAT UNJUK KREATIVITAS - Mata Nusantara -->

PADATI BENCINGAH, ANAK PAUD SE-LOMBOK BARAT UNJUK KREATIVITAS


Giri Menang, - Untuk meningkatkan kreatifitas anak, serta memupuk rasa persatuan dan solidaritas antara anak didik dan pendidik PAUD, sekitar seribu anak usia dini Kabupaten Lombok Barat mengikuti Gebyar PAUD 2019.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bekerjasama dengan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BP-PAUD) memusatkan gelaran Gebyar PAUD 2019 di Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat, Rabu (30/10).

Gebyar PAUD sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan untuk peningkatan mutu layanan PAUD, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anak didik, sekaligus sebagai wadah mengekspresikan kualitas, kreativitas, dan keterampilan pada anak didik dan pendidik PAUD.

Selain sebagai ajang silaturrahmi dan pengembangan diri bagi para peserta PAUD, kegiatan ini juga diharapkan bisa medidik sekaligus memberikan kegembiraan kepada anak-anak. Hal itu disampaikan Bunda PAUD Lobar, Hj. Khairatun Fauzan Khalid dalam sambutannya.

“Delapan fungsi keluarga harus diterapkan dan diberikan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada anak-anak, seperti fungsi agama, fungsi pendidikan dan fungsi cinta kasih yang bisa disebarkan melalui pendidikan orang tua di rumah dan sekolah anak-anak khususnya di PAUD. Sehingga, anak-anak bisa selalu merasa aman dan nyaman serta merasa gembira setiap hari karena dunia anak-anak adalah dunia kegembiraan,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, anak-anak didik PAUD unjuk kreatifitas seperti lomba mewarnai dengan orang tua yang bertujuan sebagai ajang uji kekompakan orang tua dan anak, serta lomba tari lagu daerah.

Gebyar PAUD kali ini diikuti oleh 100 peserta dari masing-masing kecamatan se-Lombok Barat, baik dari sekolah-sekolah formal maupun non-formal. Tercatat, peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Selain tingginya partisipasi murid dan orang tua, lokasi Bencingah yang cukup represntatif turut mendukung tingginya jumlah peserta.

“Target kita sederhana sekali, bagaimana anak-anak yang berada di PAUD itu bisa mengekpresikan seluruh kegiatannya di pentas Gebyar PAUD ini,” terang Kepala Dinas Dikbud, Hendrayadi.

Hendryadi juga menjelaskan jika lokasi pelaksanaan kegiatan ini selalu diputar setiap tahunnya. Tujuannya, agar satu PAUD dengan PAUD lainnya bisa saling mengenal dan sharing informasi tentang tata pengelolaan PAUD serta bisa menunjukkan kemampuan masing-masing.

Sementara itu, Ibu Harti salah satu orang tua peserta menyampaikan kegembiraan bisa ikut berpartisipasi dalam Gebyar PAUD tahun ini. Diakui Ibu dari Lalu Aufar, murid PAUD Pembina Negeri Lombok Barat ini sudah ke-3 kalinya ikut lomba mewarnai.

“Dia (anaknya) ikut agar lebih bisa mewarnai, bagaimana warna gunung, warna pohon dan rumah. Dia juga senang sekali karena bisa bertemu banyak teman di kegiatan ini," ungkapnya.(red)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

 


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel