BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Spirit Zero Waste, Maba Universitas Hamzanwadi Rubah Sampah Jadi Berkah


Selong, - Salah satu bentuk program tahunan yang diselenggarakan menjelang aktif proses perkuliahan adalah PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

Program ini bertujuan agar calon mahasiswa baru mengenal dunia kampus baik dari sisi kehidupan akademik di perguruan tinggi, wawasan kebangsaan,  kehidupan organisasi kampus, budaya santri,  tata tertib kampus serta aktivitas lainnya yang ada di kampus.

Kepala Bagian Humas Universitas Hamzanwadi, Dr. Muhammad Khalqi mengatakan PKKMB Universitas Hamzanawadi dimulai Hari Rabu tanggal 4 hingga 8 September 2019 dengan mengusung tema “The Energy of Hamzanwadi”. Tema tersebut ujarnya diambil sebagai bentuk penghayatan dan pengamalan dari spirit Hamzanwadi kepada mahasiswa baru. 

​"Salah satu agenda khusus PKKMB tahun ini adalah edukasi program Zero waste. Program zaro waste merupakan salah satu program unggulan pemerintah provinsi NTB. Dalam mendukung program zero waste, kehidupan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru dibekali pengetahuan tentang pengurangan penggunaan sampah anorganik dan pemanfaatan sampah organik," terang Khalqi.

Ia menjelaskan selama proses PKKMB calon mahasisawa baru dibiasakan tidak membawa air kemasan, tetapi diwajibkan membawa wadah sendiri karena panitia telah menyiapkan air galon. Selain itu, katanya mereka (mana red.) juga tidak diperkenankan menggunakan bungkus nasi plastik melainkkan menggantinya dengan bungkus nasi hijau.

"Dalam pemantapan program zero waste ini, panitia mengundang praktisi sebagai narasumber memberikan pelatihan pembuatan ecobrick, kompos, dan pemanfaatan plastik," imbuh Pimpinan Pusat Pemuda NW ini.

Ia berharap para mahasiswa baru sejak dini peduli terhadap lingkungan agar sampah berubah jadi berkah. Berkah yang dimaksud disini terangnya sampah yang bisa mendatangkan uang karena sampah bisa dijual, bisa menjadi pupuk organik, bisa jadi ecobrick, dan pastinya bisa menjadi bidang usaha baru.

"Semoga dengan pelatihan ini para mahasiswa baru, memberikan semangat baru kepada para mahasiswa untuk mencintai bumi dan bisa mengaplikasikan ilmunya di tempat tinggal masing-masing sehingga lingkungannya tetap bersih yang akhirnya Zero Waste terwujud secara merata," pungkasnya.(red)

#BerdayaSaingGlobal
#BerbudayaSantri

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.