BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Sebagai Pilot Project Aksi Bergizi, Kemenkes RI Kunjungi SMPN 2 Kuripan

Staf dan Konsultan Kementerian Kesehatan RI sedang melakukan monitoring program aksi bergizi di SMPN 2 Kuripan, Rabu (26/6).

Pembelajaran Aksi Bergizi Interaktif dan Menyenangkan Dibutuhkan Saat ini

Lombok Barat, - Kesehatan dan gizi remaja merupakan aspek penting dalam kehidupan remaja yang menjadi landasan siklus kehidupan manusia. Permasalahannya sangat kompleks dan beragam, namun sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Diperlukan materi dengan metode pembelajaran interaktif untuk mengajak remaja memahami permasalahan ini.

"Pembelajaran aksi bergizi membuat siswa senang karena siswa di ajak belajar sambil bermain,"kata salah seorang guru SMPN 2 Kuripan Hj Lina Herlina.

SMPN  2 Kuripan merupakan salah satu sekolah pilot project yang menerapkan program aksi bergizi. Topik kesehatan dan gizi disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan remaja.

"Asupan gizi yang optimal, baik dalam hal kuantitas maupun kualitas, sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan yang optimal," katanya.

Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Terdapat 4 (empat) prinsip gizi seimbang, yang umum dikenal sebagai 4 (empat) Pilar Gizi Seimbang, yaitu mengkonsumsi aneka ragam pangan; membiasakan perilaku hidup bersih; melakukan aktivitas fisik; memantau berat badan secara teratur.

Selain empat pilar diatas, terdapat juga 10 (sepuluh) Pesan Gizi Seimbang yang berlaku secara umum untuk berbagai lapisan masyarakat dalam kondisi sehat dan bertujuan untuk mempertahankan hidup sehat.

Sementara itu, Salah satu staf dan konsultan Kementerian Kesehatan RI, Trihono Rabu (26/6) melakukan monotoring pelaksaan aksi bergizi di SMPN 2 Kuripan. Monitoring ini bertujuan untuk melakukan pemetaan hasil evaluasi aksi bergizi di sekolah yang menjadi pilot project di Kabupaten Lombok Barat.

"Hasil monitoring akan menjadi kebijakan Kemendikes RI untuk keberlanjutan program ini. Ada dua kabupaten yang menjadi pilot projec yakni Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Klaten,"cetusnya.

Mengembangkan gizi remaja nasional merupakan kebijakan nasional. Oleh kerena itu, ia berharap agar sesi tentang reproduksi remaja di tambah untuk menekan angka pernikahan dini.

"Saya dapat informasi bahwa di Lombok ini sering terjadi pernikahan dini. Program ini sangat bangus untuk dilanjutkan,"katanya.(red)

Komentar3

  1. Thanks for the blog loaded with so many information. Stopping by your blog helped me to get what I was looking for. how to find a pilot

    BalasHapus
  2. I admire this article for the well-researched content and excellent wording. I got so involved in this material that I couldn’t stop reading. I am impressed with your work and skill. Thank you so much. im academy trading reviews

    BalasHapus
  3. During my search for the best flight simulators available on the internet, I came across the best simulator, called Flight Pro Sim. It features everything that I buy trustpilot reviews in a flight simulator. Previously I wondered how can so many features be included with such detail, but when I received my program, it was utterly impressive and amazing and I knew I had to write a Flight Pro Sim Review.

    BalasHapus

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.