BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

RELAWAN DEMOKRASI GELAR SOSIALISASI DI DAPIL 5 LABUAPI KEDIRI



Lombok Barat, - Tahun 2019 adalah tahun politik. Hajatan besar demokrasi tahun ini akan digelar pada 17 April 2019 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memantapkan langkah untuk mengawal sukesnya pemilu pada 2019. Salah satunya dengan membentuk RELASI atau Relawan Demokrasi. Relawan yang sudah terbentuk akan mensosialisasikan betapa pentingnya berpartisipasi aktif dalam pemilu.

RELASI Dapil 5 sebagai relawan demokrasi yang komitmen dengan KPU telah melaksanakan kegiatan sosialisai basis Keagamaan di Desa Banyumulek kecamatan Labuapi pada hari Rabu (malam kamis, red) tanggal 30 Januari 2019. Kegiatan dilaksanakan di Musolla Nurul Munir Banyumulek.


Kegiatan basis ini dilaksanakan dengan menghadirkan 100 orang jamaah pengajian desa setempat yang diawali dengan pengajian rutin malam Kamis di Musolla Nurul Munir Banyumulek.
Komisisoner KPU Kabupaten Lombok Barat Suhaimi, S.Ag, M.Si dalam kegiatan sosialisasi tersebut menyampaikan pentingnya suara masyarakat pada pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang. 

Menurut Suhaimi, tata cara pemilihan yang akan dilakukan oleh masyarakat dengan menjelaskan secara detail tentang 5 surat suara sangat penting untuk diketahui masyarakat. Lima (5) surat suara yang memiliki warna berbeda-beda sesuai dengan daerah atau posisi kepala daerah yang akan dipilih nantinya menjadi penjelasan inti Ketua KPU Lombok Barat.

"Mengingat surat suara ini memiliki warna hijau untuk DPRD Kab/ Kota, Biru untuk DPRD Provinsi, Kuning DPR-RI, Merah DPD-RI dan Abu untuk presiden dan wakil presiden supaya masyarakat setempat memahami warna, jenis, perbedaan serta kepala daerah bagian apa yang akan mereka pilih kelak," terang Suhaimi.

Ditambahkan Suhaimi, kaitannya dengan pemindahan hak pilih artinya berpindahnya warga negara dalam memilih dri desa semula ke desa yang lain akan tetap mendapatkan semua surat suara bilaman tempat memilih nya masih dalam satu dapil seperti contoh pemilih yang dari desa Banyumulek pindah memilih di desa Montong are karena satu dan lain hal maka tetap mendapatkan semua surat suara karena masih dalam satu Dapil.

Kegiatan sosialisai Relawan Demokrasi dapil 5 ditutup dengan solat Isya berjamaah dengan masyarakat setempat. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk memperkuat ikatan emosional antara KPU sebagai penyelengara, RELASI sebagai jembatan kegiatan dan masyarakat setempat khususnya masyarakat desa yang berhak menentukan hak pilihnya (MSY).

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.