BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

2019 Eks Pasar Gunung Sari Alih Fungsi

Terlihat tumpukan sampah di eks Pasar Gunungsari, Jumat (28/12).

LOBAR, - Kondisi bangunan eks pasar Gunungsari dipenuhi sampah berserakan hingga tepi jalan pada areal pasar yang sudah dikosongkan tersebut. Sehingga sangat mengganggu kenyamanan, apalagi sampah tersebut mengeluarkan bau tak sedap.

Seperti dilansir dari Surat Kabar Harian Radar Mandalika terbitan Hari ini Sabtu (29/12), bahwa Camat Gunungsari, H Rusni tetap memantau dan melaporkannya ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lombok Barat. Namun kata dia tumpukan sampah tetap ada setiap hari.

"Meski truk sampah milik DLH rutin datang mengangkutnya. Yang buang sampah tidak bisa kita larang, tetap saja buang di situ. Ada disediakan kontainer, sampahnya di buang di bawah kontainer,” ungkapnya di Gunungsari pada Jumat (28/12).

Sementara itu Kepala DLH Lobar, HL Surapati mengakui jika kontainer sampah yang disediakan terbatas. Namun, pihaknya tetap berupaya menyediakan penampungan sampah. Termasuk mengarahkan masyarakat untuk membuang pada tempat pembuangan yang sudah disiapkan di pasar yang baru.

“Kita tidak bisa melarang masyarakat tanpa diberikan solusi untuk tempat alternative,” katanya.

Seharusnya, dengan pindahnya pasar Gunungsari tentunya lokasi itu tak boleh jadi tempat pembuangan sampah. Nantinya, DLH akan terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui desa.

“Kita sedang carikan alternative untuk pembuangan sementara,” imbuhnya.

Mengenai ketiadaan TPS untuk Kecamatan Gunungsari, Surapati mengaku, pihaknya harus menunggu pengadaan di tahun 2019.

"Mana yang sangat urgen dahulu, seperti fasilitas public menjadi prioritas kita. Seperti pasar dan sebagainya,” pungkasnya.

Terpisah sebagai Juru Bicara Bupati yakni Kabag Humas Lombok Barat H. Ahkam Mahfuz mengatakan, tahun 2019 yang akan datang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat akan merekonstruksi, merevitalisasi, dan mengalih fungsikan pasar tersebut.

"Pemkab Lobar akan menjadikan eks pasar itu taman, area parkir, pasar kuliner, dan pasar seni," imbuhnya melalui pesan singkat kepada matanusantara.com pada Sabtu (28/12).

Sedangkan kata Ahkam pasar akan dialihkan di area pasar darurat saat ini, yaitu di utara Kantor Camat dan akan dibangun bersamaan dengan pasar tersebut.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.