BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Momen Sumpah Pemuda, D3M ajak Pemuda Saring sebelum Sharing


Matanusantara.com - Mataram

Memperingati sumpah pemuda ke 90, Duta Damai Dunia Maya (D3M) Regional Mataram-Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Deklarasi Damai di car free day (CFD) Jalan Udayana Minggu (28/10). Puluhan anak muda membacakan ikrar damai yang berisi.

Kami generasi muda Indonesia berjani bertakwa pada Tuhan YME, Kami generasi muda Indonesia berjanji setia dan taat kepada pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Menjaga Keutuhan NKRI.



Kami generasi muda Indonesia berjanji mendukung perdamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kami generasi muda Indonesia berjanji untuk bersama-sama mencegah aksi radikalisme dan terorisme.

Dan kami generasi muda Indonesia mempunyai satu tekad untuk Indonesia damai.

Ketua Panitia Deklarasi Damai Baiq Hikmatul Hasanah mengatakan, deklarasi damai dilakukan oleh D3M serentak seluruh Indonesia. Untuk mengisi kegiatan deklarasi damai, D3M menyiapkan rangkaian khusus. Dimulai dari membagikan kalender khusus dengan tema Pemuda Beraksi dengan Inovasi dan Kreasi.



"Ada juga stiker khusus bertema perdamaian yang kami bagikan," katanya.

Selain itu, ada juga tarian Gandrung Lombok yang ditampilkan. Sebagai salah satu bentuk kecintaan generasi muda pada budaya daerah.

"Tarian yang dilakukan menyedot perhatian pengunjung CFD," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut panitia, kata Hikmah, sekaligus sosialisasi tentang D3M Regional Mataram, diantara tugas yang dilakukan adalah memerangi hoax di dunia maya. Jika dahulu lawan fitnah hanya dari mulut ke mulut, maka saat ini fitnah yang muncul merambah dunia maya.

"Jari-jari kita sekarang lebih kejam dari mulut kita," sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Brian melanjutkan, deklarasi damai yang digelar bagian dari spirit sumpah pemuda. Dimana saat ini anak muda begitu lekat dengan media sosial. Sementara tidak semua hal di facebook dan instagram itu baik.

"Jangan terburu-buru sebar apapun. Saring dulu sebelum sharing," katanya.

Diakuinya, mendekati pemilu dan pileg 2019 tensi di dunia maya kian panas. Semua informasi benar atau salah bertumpuk jadi satu. Sumber informasi tidak ada yang jelas.

"Prinsipnya kalau membuat perpecahan, kita tidak perlu sebarkan," sambungnya.

Di tempat yang sama Ketua D3M Regional Mataram Febrian Putra mengatakan, deklarasi damai di CFD Udayana satu diantara kegiatan yang digelar D3M untuk memperingati Sumpah Pemuda ke 90.

"Kami juga akan siapkan seminar kepemudaan dan lomba menulis," katanya singkat.(bn)

Komentar1

  1. Inspiratip sekali kegiatan ini dlm mengisi peringatan Hari Sumpah Pemuda.. Lombok I Luv You Full..
    Sundul gan up.. up..

    BalasHapus

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.