BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Temukan Korban Gempa Konsumsi Air Got, Seorang Relawan Terpukul!


Datu Rahden merasa terpukul melihat air got yang di tampung menggunakan terpal di konsumsi korban gempa di empat dusun di Desa Sesait dan Gumantar KLU.


Matanusantara.com - Mataram

Sungguh memprihatinkan, karena tidak mendapatkan suplai air bersih, korban gempa Dusun Batu Jompang, Dusun Kelanjuhan, Dusun Pawang Baturan dan Dusun Kelanjuhan Perigi yang berada di dua desa yakni Desa Sesait dan Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara ini terpaksa menampung air got menggunakan terpal dan mengkonsumsinya. Kondisi korban gempa di dua Desa ini di temukan oleh Datu Rahdin relawan yang menyalurkan sumbangan ke dua lokasi tersebut, Selasa (25/9).


Dari hasil penelusuran dan pengakuan warga setempat mereka terpaksa menampung air got yang di ambil dari jaringan irigasi terdekat karena tidak adanya suplai air bersih yang masuk ke kawasan tersebut. Sementara pipa penyalur air bersih tidak mencapai dusun mereka. Adapun pipa yang terpasang debit air yang keluar sangat kecil sekali.


Datu Diding demikian kerab di sapa mengatakan korban gempa yang mencapai ratusan kepala keluarga ini sebelumnya pernah mendapatkan distribusi air bersih namun karena tidak adanya penampungan akhirnya air tersebutpun di pindahkan ke lokasi lain. Namun saat ini warga yang berada di empat dusun ini telah memiliki penampungan tetapi sebaliknya distribusi bantuan air bersih tak kunjung datang.


"Saya sangat miris melihat kondisi ini, balita sampai orang tua mengkonsumsi air got, kemana pemerintah ini," ujarnya sedih kepada Matanusantara.com via telefon.


Di singgung apakah lokasi ke empat dusun tersebut sulit di jangkau, Datu Diding menegaskan bahwa akses ke empat dusun tersebut sangat mudah bahkan tidak jauh dari jalan hotmix.


Air got yang di tampung korban gempa ini tidak hanya untuk di minum tetapi juga di manfaatkan untuk keperluan lainnya seperti mandi dan memasak.(bn)

Komentar0

Type above and press Enter to search.