F Pembangunan Sirkuit Mandalika Diharap Berjalan Lancar - Mata Nusantara -->

Pembangunan Sirkuit Mandalika Diharap Berjalan Lancar

Foto : Istimewa.

Mataram, - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika merupakan satu di antara lima kawasan yang tengah dikembangkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas,  selain Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, dan Likupang.

Sebagai KSPN super prioritas, KEK Mandalika terpilih sebagai tempat penyelenggaran event berkelas internasional MotoGP.

Menurut Sekretaris KNPI NTB Lalu Athari, meskipun lahan Mandalika masih terhalang oleh kepentingan segelintir kelompok yang masih abu-abu karena menutup ruang perdata dan lebih pada keinginan personal dalam mencari jalan keluar dengan sama-sama bertahan pada kehendak masing-masing, pembangunan KEK Mandalika khususnya sirkuit MotoGP harus tetap berjalan.

Padahal berbagai solusi dan tawaran, ungkap Athar, sudah sering dibahas, baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah maupun Pemerintah Provinsi NTB, namun selalu mengalami kebuntuan.

"ITDC sebagai pengelola kawasan yang notabene wakil pemerintah pusat belum sepakat dengan beberapa pihak soal win-win solution kepemilikan lahan diatas lintasan sirkuit Mandalika yang luasnya kurang lebih sekitar 8 Ha itu," katanya di Mataram, Jumat (11/9).

Karenanya Athar meminta pemerintah tidak boleh landai dalam menyikapi soal ini. Tim penyelesaian sengketa yang dibentuk oleh pemerintah provinsi dibawah kendali kepolisian daerah harus tegas bila negosiasi secara persuasif tidak mempan.

"Langkah-langkah yang diambil oleh Tim ini sudah pada koridor yang tepat, meskipun harus tetap mengedepankan sikap yang lentur dan menghargai hak-hak masyarakat, oleh karena itu, mari kita secara bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam menyukseskan pembangunan yang ada di daerah ini untuk kepentingan masyarakat secara umum, semoga sirkuit Mandalika bisa dijajal nanti sesuai jadwal," tandasnya.(at)

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel