BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Operasi Patuh Gatarin Kedepankan Pendekatan Persuasif & Humanis


Sumbawa, - Kasat Lantas Polres Sumbawa Iptu. Samsul Hilal, SH menjelaskan, Operasi (Ops) Patuh Gatarin 2020 pelaksanaannya lebih mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis dalam pelaksanaan teknisnya.

"Ops Patuh Gatarin 2020 ini digelar dengan konsep sifatnya preemtif dan humanis atau persuasif dan humanis," ujar Kasat Lantas Iptu Samsul Hilal, Sabtu (25/7/2020).

Menurutnya, dalam pelaksanaan Ops Patuh Gatarin polisi akan menekankan pada pencegahan dan proses preemtif pada setiap pengendara, dengan kata lain penegakan hukum menjadi upaya terakhir dalam operasi ini.

"Konsep operasi persuasif dan humanis lebih mengedepankan tindakan pencegahan. Persentase dari Ops ini 40 persen adalah giat preemtif, 40 persen preventif dan 20 penegakan hukum," kata Iptu Samsul.

Dikatakan, pendekatan preemtif tersebut dilakukan lantaran operasi patuh digelar ditengah berlangsungnya Pandemi Covid-19 atau virus corona.

"Nah giat preemtif juga berorientasi pada era kebiasaan baru dalam rangka pencegahan penyebaran covid atau memutus mata rantai penyebaran covid," lanjutnya.

"Langkah-langkah represif penegakkan hukum itu belakangan, tapi kedisiplinan masyarakat ini jadi utama. Fokusnya adalah edukasi pencegahan untuk adaptasi kebiasaan baru, Orientasi kita tetap yaitu operasi kemanusiaan karena situasinya dalam rangka adaptasi baru Covid-19," tutup Kasat Lantas Iptu Samsul Hilal, SH.

Hal serupa disampaikan Kabag Ops Polres Sumbawa melalui Kasubbag Humas Iptu Sumardi, S.Sos, bahwa pemberian sanksi tilang di lapangan selama operasi hanya sekitar 20 persen. Sisanya, petugas lebih mengedepankan edukasi.

“Kami akan memberi teguran secara tematik, soal pelanggaran rambu atau melawan arus yang ditekankan. Dan ini akan dikolaborasikan dengan imbauan protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya. (Yd)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.