BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Terapkan Protokol Kesehatan, Destinasi Wisata 3 Gili Akan Dibuka Kembali


Mataram, - Setelah Islamic Center, rencananya Pemerintah Provinsi, melalui Dinas Pariwisata  akan membuka kembali destinasi wisata di tiga gili Lombok Utara.

“Provinsi NTB akan menjadikan destinasi wisata tiga gili sebagai percontohan pembukaan pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Kadis Pariwisata Lalu Moh. Faozal, M.Si. pada saat rapat persiapan pembahasan kegiatan Masa Poll Test Covid-19  dan Gili Gets Ready for New Normal, Kamis (11/6/2020) di Aula Bhakti Husada Dikes Prov. NTB.

Menurutnya, selama pandemic sector pariwisata lumpuh total, praktis aktivitas industrinya mati suri. Banyak masyarakat yang terlibat didalamnya menjadi penggangguran dan fasilitas perhotelan tidak beroperasi.

Pembukaan kembali objek wisata tiga gili, yaitu gili Terawangan, gili Meno dan gili Air, dilakukan untuk memulihkan industri pariwisata dan ekonomi.

“Kami akan terus memberikan edukasi dalam membangun kesadaran masyarakat di kawasan wisata untuk tetap beraktifitas, namun dengan SOP New Normal,” jelas Faozal.

Faozal melanjutkan, penerapan New Normal  ini sebenarnya adalah kehidupan yang dijalankan seperti biasa atau normal, namun dengan  protokoler kesehatan yang harus menjadi kebiasaan. Dinas Pariwisata NTB Bersama Dinas Kesehatan,  TGP2D dan unsur lainnya sedang menyempurnakan SOP new normal berbasis cleanliness, health and safety (CHS).

Sejauh ini, Pemprov telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk memastikan pergerakan wisatawan yang datang ke tiga gili. Penerapan protokol kesehatan secara ketat juga harus dilakukan di semua hotel, restoran maupun tempat wisata lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, MPH., mengatakan memang semua orang menginginkan kembali hidup normal, tetapi tentu dengan kriteria yang harus dipenuhi untuk menerapkan kenormalan baru.

Upaya membuka kembali objek pariwisata di tiga gili juga akan menerapkan konsep SOP kesehatan yang ketat.

“Masyarakat harus mulai menjalankan pola hidup sehat, mengikuti protap kesehatan pencegahan covid seperti tetap menggunakan masker, jaga jarak, etika bersin dan lainnya,” kata dr. Eka.

Kegiatan Masa Poll Test Covid-19  dan Gili Gets Ready for New Normal ini,  rencananya akan dilaksanakan tanggal 11-13 Juni 2020, dalam bentuk  kegiatan kebersihan dan penyemprotan nyamuk di Gili Trawangan, sebagai langkah awal menyongsong new normal dalam bidang pariwisata.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.