BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Diduga Jenazah Terjangkit Covid-19 di Bali Lolos Masuk Lombok


Lobar, - Terkait kedatangan jenazah yang diduga terjangkit Covid-19 di Lombok barat beberapa waktu yang lalu, dari Gugus Tugas Penaganan Covid-19 Lombok Barat, terutama Satgas Reaksi Cepat masih mempelajari mengapa itu sampai terjadi, Rabu (20/5).

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK., selaku ketua Tim Reaksi Cepat penanganan Covid-19 lombok Barat menyampaikan bahwa dalam hal ini semua pihak mempunyai kaitan hingga jenazah positif Covid-19 tersebut sampai di Lombok Barat.

Dari hasil koordinasi yang telah dilakukan pihaknya, beberapa pihak yang ada di Otoritas Pelabuhan, termasuk pihak-pihak yang ada di Provinsi Bali menyampaikan bahwa keluarga jenazah ini tidak bersabar menunggu proses yang sedang berjalan.

"Sesuai dengan standar penaganan covid-19 yaitu, Ketika menemukan ada pasien yang diduga terjangkit dengan Covid-19 ini harus dilakukan swab. Sementara untuk dilakukan swab membutuhkan waktu yang cukup, untuk mengetahui hasil swabnya apakah positif atau negative," terangnya.

Bagus menuturkan informasi yang diperoleh dari pihak keluarga, bahwa jenazah ini dipaksakan untuk segera dibawa ke Kampung Halamannya. Dari pihak Rumah Sakit tidak bisa menahan itu, sehingga jenazah itu dibawa kekampung halamannya..

"Tetapi walaupun demikian, ini akan menjadi pembelajaran untuk semua pihak, khususnya untuk gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Lombok barat. Ini didalami oleh Gugus Tugas Covid-19 Lombok barat, tentang sejauh mana celah dalam menangani covid-19 di Lombok barat. Sehingga diharapkan kedepannya tidak ada lagi terjadi keadaan seperti ini di Kabupaten Lombok Barat," katanya.

Setelah kejadian tersebut ujar Bagus, Gugus Tugas Penaganan Covid-19 Lombok barat langsung merapatkan barisan melakukan evaluasi, dalam penanganan dan upaya pencegahan Covid-19 di kabupaten Lombok Barat.

"Disamping itu, dengan adanya kejadian ini diharapkan semakin meningkatkan Optimalisasi Gugus Tugas dalam menangani Covid-19 di Lombok Barat. Gugus Tugas penanganan Covid-19 Lombok Barat akan merapatkan barisan untuk lebih memaksimalkan lagi dalam pelaksanaan tugas operasional di Lapangan," tandasnya.

Ia menyatakan dari sekian banyak kendala-kendala maupun kondisi yang dialami oleh Anggota Gugus Tugas Covid-19 dilapangan, tentunya ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan cara bertindak di lapangan.

Bagus mencontohkan sampai saat ini masih ditemukannya oknum-oknum masyarakat yang mencoba menyusup masuk ke Wilayah Lombok Barat ini dengan cara menumpang  di kendaraan-kendaraan truk yang datang.

"Ini akan menjadi perhatian sehingga penyeberangan Pelabuhan barang maupun orang di Pelabuhan akan lebih diperketat untuk mengantisipasinya," yakinnya.

Sementara itu, dalam proses pemakaman jenazah yang diduga positif Covid19 itu, telah dilakukan dan ditangani langsung oleh Tim Reaksi Cepat Penaganan Covid-19 unit pemakaman, sesuai dengan SOP Protokol Keselamatan Covid-19.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.