F Pemuda Kebun Indah Sulap Tembok Kali Bergambar 3D - Mata Nusantara

Pemuda Kebun Indah Sulap Tembok Kali Bergambar 3D


MATARAM, - Untuk menghasilkan karya seni gambar tiga dimensi (3D) butuh ide kreatifitas dan ruang khusus. Namun warga perkampungan di Dusun Kebun Indah, Desa Sesela, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat menyulap tembok rumah di sepanjang aliran irigasi perkampungan menjadi kanvas lukis 3 dimensi.

Yang menarik warga yang umumnya para pemuda itu hanya berbekal kemampuan seadanya dan belajar secara otodidak, namun hasil karya mereka tak kalah dengan karya pelukis profesional.

Gambar-gambar indah tersebut sengaja dibuat selain untuk memperindah lingkungan pemukiman juga untuk kampanye kebersihan kali yang dirintis oleh Kepala Desa setempat H. Abu Bakar.

"Disini aliran kali untuk irigasi warga ini mengaliri empat dusun di perkampungan kami, blok 3 dan 4 kami lukis dengan gambar 3 Dimensi, blok 1 tema tanaman dan huruf hijaiyah, blok 2 pernak-pernik untuk pengajaran anak-anak agar cepat membaca," ujar Ketua Pemuda Dusun Kebun Indah Ahmad Fathony.

"Dengan anggaran swadaya bersama, dan ide kreatif itu muncul. Meskipun membuat gambar 3 dimensi itu, kita gak punya ilmunya, jadi pakai cara ngeblat, dan permainan gradasi warna serta yang ada pikiran kami saja," sambungnya.

Untuk memperindah sepanjang aliran kali. Awalnya, ide para remaja yang digerakkan oleh Kepala Desa ini menuai cibiran berbagai pihak. Namun dengan semangat kebersihan yang dilakukan guna memperindah sepanjang aliran kali agar tidak kotor seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kini, semua warga terlibat. Dari anak-anak hingga semua pemuda empat dusun, bergotong-royong melukis 3D bertema keindahan sungai.

Gambar itupun sengaja dibuat, seakan-akan sepanjang jalan kampung adalah aliran sungai, yang ada ikan koinya sedang berenang.

"Tema gambar 3 dimensi ini maksudnya aquarium. Tapi jadinya seperti aliran sungai yang juga ada ikan koinya," ucap Fathony tersenyum bangga.

Kreatifitas gambar 3D yang dibuat di tembok sepanjang aliran kali kampung tersebut menarik perhatian warga dari luar perkampung. Terlebih setelah banyak warga yang berswafoto dan diunggah di media sosial.

Seperti yang dituturkan Acok, warga Mavila, Labuapi, Lobar yang datang hanya membayar penasarannya terkait kreatifitas generasi muda Dusun Kebun Indah menggamabar tembok di sepanjang aliran kali yang awalnya kotor itu. Kini, tampak bersih.

“Saya penasaran setelah melihat Facebok teman saya. Setelah sampai sini memang bagus untuk foto-foto. Apalagi, kali yang dulu kotor kini mulai bersih. Makanya saya sempatkan untuk berswafoto," tandasnya.(red)

Post a comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel