Tak Tersentuh Pemerintah, Air Terjun Janggot Mulai Sepi Pengunjung


Loteng, - Wisata alam Air Terjun Janggot Dusun Batu Rejeng, Desa Stiling Kecamatan Batukliang Utara minim sentuhan pemerimtah.

Zulkarnain, selaku penunggu Air Terjun Janggot mengakui, wisata air terjun Janggot memang masih minim sentuhan pemerimtah, baik pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi.

Ia prihatin dengan keadaan air terjun tersebut, kurang terurus dan kurang perhatian padahal sebelumnya banyak wisatawan yang berkunjung tidak hanya saat libur.

"Dulu walau bukan hari libur tetap rame wisatawan berkunjung kesini, akan tetapi sekarang hari liburpun tetap sepi," keluhannya.

Inaq Saupi, warga Dusun Batu Rejeng, yang berjualan di pinggir jalan menuju wiasata air terjun Janggot juga mengeluhkan hal serupa.

Pihaknya mengakui, awal diekspose Air Terjun Janggot ini banyak wisatawan lokal dan wisatawan asing  yang berkunjung sehingga pendapatan perekonomian pedagang lumayan banyak.

"Akan tetapi sekarang sepi, jarang ada wisatawan yang berkunjung," herannya.

Ia berharap instansi terkait bisa lebih memperhatikan keberadaan Air Terjun tersebut, terutama dari segi sarana dan prasarana, misalkan membuatkan spot foto yang menarik dan bagus. Sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung kembali.

Sementara itu, Kepala Desa Stiling, Muslehudin mengakui, pihaknya sedang mencari solusi bagaimana memberdayakan masyarakat sekitar dalam pengelolaan wisata yang ada di desa.

"Semoga tahun depan ada anggaran untuk pengelolalaan wisata air terjun Janggot ini lebih maksimal lagi," tutupnya.(red)

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel