Desa Seruni Mumbul Simpan Potensi Wisata Menakjubkan



Lombok Timur, - Desa Seruni Mumbul merupakan salah satu desa di sisi timur pulau lombok ini menyimpan berbagai macam cerita, desa yang terdiri dari tiga dusun yakni dusun Mandar, dusun Dames, serta dusun Sasak tersebut mayoritas 80 persen penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Dimana persebaran nelayan di desa ini didominasi oleh dua dusun yaitu dusun sasak dan dusun mandar.

Selain bertumpu pada sektor laut, Desa Seruni Mumbul memiliki potensi-potensi yang eksotis yang jika dikembangkan dengan baik akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Salah satu potensi alam di desa Seruni Mumbul yang lagi tren dikalangan traveling ini yaitu Wisata Dende Seruni Mumbul. Objek wisata alam yang dipoles sentuhan kreativitas dan kini telah menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung.

Kawasan itu adalah sebuah teluk kecil atau disebut oleh warga Seruni Mumbul dengan sebutan menanga. Kawasan yang dilihat di peta berbentuk air laut yang menjorong memanjang ke daratan. Air menanga ini tampak tenang tampak riak gelombang. Uniknya dalam menanga ini ada mata air yang konon dalam legenda sebagian orang Sasak menyebutnya tempat pemandian sang putri bernama Dende Seruni.

Melihat potensi keindahan dan legenda sejarah yang masih terpendam, Desa Seruni mumbul mencoba memoles kawasan ini sebagai tempat wisata. Menggunakan Dana Desa sebesar Rp 480 juta, Desa Seruni Mumbul ini terbilang berani berinvestasi untuk membangun objek wisata buatan.

Wisata Seruni Mumbul ini mulai dibangun pada bulan Januari 2019 dan akan diresmikan secara serimonial saat lebaran topat atau tujuh hari setelah lebaran 1440H/2019M oleh Kementerian Desa, Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur.
Secara resmi tempat wisata Dende seruni ini belum dibuka untuk umum, karena masih banyak spot-spot yang akan dibuat belum selesai dikerjakan.(red)

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel