BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Kapolda & Gubernur NTB Pimpin Satgas Karhutla Padamkan Api di KLU



Lotara, - Pada hari Minggu 18 Agustus 2019 sekitar pukul 15.00 di Dusun Nipah Ds. Malaka Kec. Pemenang Kab. Lombok Utara telah terjadi kebakaran lahan yang berhasil dipadamkan oleh Satgas Karhutla Polda NTB sekitar pukul 01.00 Wita.

Lokasi kebakaran merupakan lahan semak belukar ini terjadi di Dusun Nipah tidak jauh beda dengan lokasi kebakaran pada hari Kamis lalu dimana kondisi masih musim kemarau, angin yang kencang dan terdapat banyak pohon yang kering pada lokasi tersebut. 

Asap pertama kali dilihat oleh MUHSIN warga setempat pada pukul 11.00 Wita namun api membesar dan merambat yang dilihat oleh masyarakat pada pukul 15.00 Wita berada di Dusun Nipah Ds. Malaka Kec. Pemenang Kab. Lombok Utara namun sekitar pukul 16.00 wita dapat di padamkan oleh 6 personil Polsek Pemenang, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di padamkan.

Pukul 17.00 Wita api muncul kembali dititik yang berbeda berdekataan dengan lokasi yang pertama dan merambat sampai ke lahan Dsn. Pandanan. Pemadaman api dipimpin langsung oleh Kapolres Lotara AKBP HERMAN SURIYONO, S.I.K, M.H beserta PJU Polres Lotara dan orang personel Polsek Pemenang Polres Lombok Utara, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di padamkan.

Pukul 21.00 Wita telah tiba dilokasi kebakaran:
1. Kapolda NTB.
2. Irwasda Polda NTB.
3. Dir Intelkam Polda NTB.
4. Dir Reskrimum Polda NTB.
5. Dir Rekrimsus Polda NTB.
6. Dansat Brimob Polda NTB.
7. Kabid Dokkes Polda NTB.
8. Kabid Humas Polda NTB.
9. Kapolres Lobar.
10. Bupati KLU.
11. Sekda KLU.

Selanjutnya Gubernur NTB juga tiba dilokasi. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 01.00 wita dinihari ini oleh Satgas Karhutla Gabungan Kab. Lombok Utara yang terdiri dari sbb :
1. 2 Pleton Polres Lotara.
2. 1 Regu BPBD KLU.
3. 1 Regu PMI KLU.
4. 1 Regu Damkar KLU.
5. 1 Regu Koramil Tanjung.
dan dibantu Satgas Karhutla NTB terdiri dari:
1. 2 Pleton Dit Sabhara Polda NTB.
2. 1 Kompi Sat Brimob Polda NTB.
3. 1 Pleton Kompi Brimob KLU.
4. 1 Pleton Sat Sabhara Polres Lobar.
5. 1 Pleton Yonzipur 10/2 Kostrad.
6. 1 Regu BPBD Prov NTB.
7. 1 Regu KPH Rinjani Barat.
8. 1 Regu Tagana Prov. NTB.
Melibatkan peralatan sbb:
1. 5 Unit Water Canon.
2. 4 unit Truk Tanki air PU KLU.
3. 1 Unit Truk Tangki air Polres Mataram.
4. 1 Unit Truk tangki air Polres Lotara.
5. 1 Unit Truk Tangki Polda NTB.
6. 1 Unit Truk Tangki PMI Prov. NTB.
7. 1 Unit Damkar KLU.

Satgas Karhutla NTB saat ini masih standby untuk mengantisipasi munculnya titik api kembali, melihat angin berhembus cukup kencang. Dihimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya sekitar area agar tidak membuang puntung rokok sembarangan demikian disampaikan Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, S.I.K.

Sementara itu Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM menyampaikan bahwa langkah-langkah pencegahan tetap kita intensifkan dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi oleh para Bhabinkamtibmas kepada masyarakat serta melakukan  patroli bersama untuk mendeteksi titik-titik yang terbakar.(red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.