DPD KNPI LOTIM: BEASISWA KE LN ITU BAGUS, SEBAIKNYA PAKAI APBD


Selong, - Di sela-sela kesibukannya di Selong  Lombok Timur, Taupik Hidayat selaku ketua DPD KNPI LOTIM mengatakan bahwa program beasiswa ke Luar Negeri yang merupakan program NTB Gemilang belakangan ini menjadi sorotan, termasuk sumber anggarannya, asal daerah mahasiswa yang dikirim, asal kampus dan sebagainya tak pelak menimbulkan pro kontra berbagai pihak.

"Saya kira program beasiswa ini bagus, memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari NTB untuk menuntut ilmu ke luar negeri dan mendapatkan pengalaman internasional. Program seperti ini harusnya menjadi program prioritas di sektor pendidikan dan mendapatkan porsi yang lebih," katanya, Selasa (20/8).

Lebih jauh Taupik menilai bahwa program seperti ini adalah terobosan baru, belum pernah ditemukan di program gubernur sebelumnya.

"Memang ada hal yang perlu di benahi, terkait tata kelola, managemen rekrutmen mahasiswa yang mendapatkan beasiswa haruslah dilakukan secara terbuka, azaz transparansi haruslah menjadi pondasi sehingga tidak ada yang "dilukai", jangan sampai terkesan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa adalah mahasiswa dari kampus tertentu dan dari daerah tertentu," sambungnya.

Terkait adanya isue yang mengatakan bahwa pengiriman mahasiswa (beasiswa ke Luar Negeri) menggunakan dana CSR, selama ada mekanisme pertanggung jawaban yang jelas kata dia harus diperbaiki.

Ia menambahkan saat ini saja dengan tanpa menggunakan APBD, program ini dapat memberikan manfaat yang besar terhadap mahasiswa yang ingin kuliah ke Luar Negeri namun memiliki keterbatasan resource dan akses.

"Menurut saya ini adalah investasi dalam pendidikan kita  yang perlu didorong untuk dimaksimalkan," cetus aktifvis yang rajin menyuarakan aspirasi rakyat ini.

Ia berharap Gubernur NTB melakukan terobosan agar dana beasiswa bisa bersumber dari APBD.

"Program yang baik, perlu di tingkatkan spektrumnya agar menjangkau lebih banyak lagi mahasiswa di NTB. Kami mengharapkan agar kedepan di tahun 2020 besok anggaran beasiawa ke Luar Negeri ini melalui APBD,"ujarnya.

Ia berjanji sebagai element pemuda, KNPI akan mendukung penuh program-program pemerintah yang baik, program program unggulan yang ril untuk mewujudkan NTB Gemilang.(red)

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel