Soal Tenis Bersama TGB, Pimpinan KPK Nilai Firli Tak Ada Masalah


Matanusantara.com - JAKARTA

Pimpinan KPK tidak mempersoalkan Deputi Penindakan KPK Brigjen (Pol) Firli bermain tenis dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi atau populer disapa TGB.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menilai acara pisah sambut seperti itu hal yang wajar.

"Saya kira sangat wajar ketika seorang (mantan) Kapolda itu bertemu dengan kepala daerah apalagi di situ juga ada Danrem dalam rangka perpisahan," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan, Senin (24/9) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, KPK tengah melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi terkait divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT).

Nama TGB turut  disebut-sebut dalam kasus ini. TGB juga sudah pernah diperiksa KPK.

Di tengah penyelidikan beredar foto Brigjen Pol Firli bermain tenis dengan TGB.

Brigjen Pol Firli sebelumnya memang menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat.

Alex menjelaskan, Firli sudah meminta izin untuk bertandang ke NTB dalam rangka mengikuti acara perpisahan Komandan Korem (Danrem) 162 WB yang pindah tugas..

Alex menilai acara pisah sambut seperti itu hal yang wajar.

Selain itu Alex pun tak ambil soal ketika Firli bertemu dengan TGB.

Ia menganggap itu adalah hal yang wajar mengingat keduanya sama-sama berasal dari unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida).

Alex menuturkan, yang dimasalahkan Pasal 36 UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi adalah ketika anggota KPK bertemu dengan tersangka atau orang yang sudah berpeluang tersangka kasus tipikor secara sembunyi-sembunyi.

Untuk kasus Firli, TGB belum dijadikan tersangka, dan pertemuan dilakukan di tempat umum bahkan diikuti orang lain juga.

"Itu kan unsur Muspida kan hadir di sana, Pak Firli itu kan salah satu unsur Muspida," katanya. (tim)

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel