BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Kirab Satu Negeri Perkuat Kebersamaan dalam Keberagaman

H. Zamrony Aziz (tengah) didampingi beberapa koordinator kirab satu negeri. 

Matanusantara.com - Mataram

Setelah menempuh perjalanan panjang dari Rote, 17 bendera yang di bawa oleh peserta Kirab satu negeri tiba di Mataram dan akan diserahkan kepada Gubernur NTB saat puncak acara di Lapangan Sangkareang Mataram pada Sabtu (29/09). Kirab satu negeri dengan tagline "Kita ini sama, Kita ini Indonesia NKRI harga mati" akan dirangkaikan dengan doa bersama untuk NTB Bangkit. Demikian dikatakan ketua PW GP Anshor NTB H. Zamrony Aziz di Mataram pada Jumat (28/09).

"Kirab satu negeri untuk wilayah Lombok telah di laksanakan di beberapa daerah seperti di Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Bima, Dompu dan besok di jadwalkan akan di gelar di Mataram sebelum bendera kirab di serahkan ke Gubernur NTB," katanya.

Kirab satu negeri ini di awali dengan apel yang di gelar di Lapangan Sangkareang akan di hadiri oleh Bupati Lombok Tengah, Walikota Mataram, Gubernur NTB serta Menteri Agama. Sementara doa bersama pada kirab ini akan di hadiri oleh semua tokoh lintas agama.

Doa bersama ini ucap Zamrony tidak ada tendensi politik. Kegiatan ini murni untuk meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan memperkuat kebersamaan dalam keberagaman. Di perkirakan kegiatan kirab ini akan di hadiri sepuluh ribu peserta.

"Jadi tidak ada unsur politis pada kegiatan kirab satu negeri ini, acara ini murni untuk menyatukan persepsi, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga rasa nasionalisme bangkit kembali," imbuhnya.

Sementara itu Kordinator Zona Rote Zakaria Ridwan Puato menjelaskan kirab satu negeri di Lombok masuk dalam zona Rote yang terdiri dari enam wilayah yakni NTT, NTB, Bali, Surabaya dan DIY. Kata Dia Kegiatan ini pertama kali diadakan, sebagai organisasi pemuda yang ada di daerah GP Anshor membantu mensukseskan.

Kegiatan kirab satu negeri di Mataram menjadi acara puncak kirab di NTB dimana nanti perwakilan zona akan menyerahkan 17 bendera merah putih ke Gubernur NTB. Usai acara puncak, kirab satu negeri akan di lanjutkan ke Bali. (bn)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.