BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Penonton WSBK Dilarang Nonton di atas Bukit


Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Irjen Pol Istiono S.I.K MH berkunjung ke Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (14/10/2021).

Ia melakukan asistensi sebelum event dunia terlaksana di Sirkuit MotoGP Kuta Mandalika, terlebih pengaturan Lalulintas di lingkar Sirkuit dan jalan By Pass Bandara menuju Mandalika.

Setiba di Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah, Kamis (14/10/2021) Kakorlantas bersama rombongan langsung menuju Tribun Lapangan Bhara Daksa Polda NTB Kota Mataram untuk menggelar rapat terbuka yang diikuti beberapa pejabat terkait.

Kakorlantas mengapresiasi  segala bentuk persiapan yang sudah dilakukan oleh semua pihak di NTB termasuk persiapan pengaturan jalan yang sudah di Rancang Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda NTB.

Selain itu beberapa paparan dari Balai Jalan dan Juga Dinas Perhubungan membuatnya tersenyum dan bangga.Namun demikian dirinya juga  memberikan masukan - masukan terkait kesiapan pengamanan khususnya yang akan dilakukan oleh Direktorat lalaulintas diantaranya, Kakorlantas sangat menekankan kehadiran anggota yang terlibat dalam kegiatan tersebut agar hadir jauh lebih awal terutama yang akan ditempatkan di sekitar jalan masuk menuju sirkuit agar pengunjung yang memarkir kendaraannya tidak sembarangan  yang dapat menutup jalan.

Dalam sambutannya Kakorlantas juga menyinggung masalah penambahan personil jika di Butuhkan, termasuk sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan untuk kelancaran pelaksanaan event di Sirkuit MotoGP Mandalika dirinya berjanji akan mengirimkan sesuai kebutuhan.

"Saya apresiasi paparan dan kesiapannya sangat komprehensif, perencanaan personel sudah di tata, tinggal dilatih kemampuannya," ungkapnya.

Terhadap aspek sarana dan prasarana, dalam pengamanan Lalulintas pada Pelaksanaan event WSBK atau MotoGP Kakorlantas Polri minta agar dicatat dan diajukan segera.

"Ini even internasional tidak boleh elek-elekan, harus kerja serius sesuai bidang masing-masing, harus dipersiapkan sedini mungkin, anggota perlu latihan, Roda 4 kalau kurang saya akan geser kesini," jelasnya.

Dikatakan semua harus dipersiapkan, sebelum WSBK terlaksana, semua aspek harus diperhitungkan, ledakan pengunjung juga harus diantisipasi, kemacetan dijalan termasuk jalur udara juga dikritisi oleh Jendral Bintang Dua itu.

Dia berharap ada aplikasi pengendalian jarak jauh agar pengaturan lalulintas di Jalan Raya dapat terpantau dan langsung dapat diatasi dalam waktu singkat.

"Rekayasa lalulintas juga diperlukan sebelum event berlangsung," pungkasnya. 

Hari kedua di Polda NTB Kakorlantas didampingi, Irwasda Polda NTB dan Beberapa PJU Polda NTB menggelar pemeriksaan kendaraan yang akan dipakai saat event berlangsung.

"Mendengar persentasi Dirlantas Polda NTB tentang kesiapan baik dari segi perencanaan hingga pelaksanaan, saya lihat sangat bagus dari kesiapan perencanaan ini," jelasnya usai pemeriksaan kendaraan di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Jumat (15/10/2021).

Di Lingkar Sirkuit, pihaknya akan menerapkan pengamanan ekstra, semua tempat akan dijaga termasuk bukit yang ada di seputaran Sirkuit akan disterilkan.

Dikhawatirkan ada penonton yang memanfaatkan bukit atau tempat terbuka sebagai lokasi menonton dan dapat mengganggu pembalap saat balapan berlangsung, seperti penonton yang mengganggu pembalap dengan cermin dari jauh.

"Saya sudah melakukan koordinasi, untuk pengamanan di seputaran Sirkuit penonton dilarang naik ke bukit untuk menonton Balapan," pungkanya.(*)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.