BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

Polantas Tidak Lagi Melakukan Penilangan

Jakarta, - Kreasi dan inovasi yang dilakukan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., di Korlantas Polri menjadi sorotan. Semangat perubahan teknologi kepolisian di Era Police 4.0 dinilai bisa menjadi wajah baru Polri di masa depan.

Ketua PW Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) DKI Jakarta Ilham Nurhidayatullah mengatakan, pada awal jabatannya Kapolri menawarkan berbagai inovasi yang menarik perhatian masyarakat.

Kapolri melakukan perluasan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), dengan kebijakan polantas tidak lagi melakukan penilangan. Pemberlakuan sistem tilang elektronik dinilai menjadi terobosan untuk memotong potensi pelanggaran turunannya.

“Inovasi ini dapat mengurangi kontak langsung masyarakat dengan petugas dan potensi kerumunan, sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan saat pandemi seperti sekarang,” jelasnya, Rabu (12/05/2021).

Dia mencontohkan inovasi teknologi di Korlantas Polri berupa Integreted Road Safety Management System (IRSMS) yang menjadi data base nasional untuk proses penyelidikan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, e-Turjawali atau pencatatan kegiatan petugas berbasis aplikasi, serta layanan perpanjangan SIM secara online.

"Inovasi yang diusung Kapolri Jendral Listyo ini patut diapresiasi, pengoptimalan teknologi untuk menekan pelanggaran, penegakan hukum dan menunjang efektifitas merupakan langkah tepat dan menjadi sebuah prestasi" katanya.

Seperti diketahui, peran teknologi saat ini semakin vital dalam membantu pekerjaan pekerjaan manusia. Masuknya teknologi di program prioritas 100 kerja Kapolri, kata Ilham, membuat generasi muda optimis bahwa akan terjadi reformasi ke arah yang lebih baik di tubuh Polri.  

"Inilah wajah Polri masa depan," pungkasnya.(r)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.